Pemkab Konut Raih Piagam Penghargaan WTP, Pengelolaan DAK dan Anggaran DD Terbaik dari Kemenkeu

0
70

LINTASSULTRA.COM | KENDARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) kembali dianugerahi piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) A1 Kendari.

Pemkab Konut kini telah empat kali berturut-turut menerima piagam penghargaan WTP, selain menerima piagam penghargaan WTP, Pemkab Konut juga menerima penghargaan terkait daerah yang terbaik dalam rangka pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, dan anggaran Dana Desa (DD) untuk tahun 2020.

Penganugrahan WTP serta kedua penghargaan lainnya diberikan pada, Jumat (15/10/2021) di Aula Kantor KPPN A1 Kendari yang dihadiri oleh lima kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketgam: Piagam Penghargaan WTP ke empat yang diraih Pemkab Konut.

Kepala KPPN Kendari, Teguh Ratno Sukarno saat membuka kegiatan penyerahan penghargaan WTP tersebut, dirinya menuturkan bahwa setiap daerah yang menerima penghargaan WTP merupakan cerminan akuntabilitas keuangan daerah yang dikelola dengan baik.

WTP yang kembali diraih oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah menandakan meningkatnya jumlah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) maupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020.

“Tujuh Pemkab di wilayah kerja KPPN Kendari, enam pemerintah daerah meraih Opini WTP atas LKPD Tahun 2020, dan beberapa pemerintah daerah bahkan telah memeroleh Opini WTP antara tiga hingga delapan kali,” ujarnya.

Ketgam: Piagam penghargaan peringkat II Sultra dalam mengelola DAK fisik yang diraih oleh Pemkab Konut

Atas perolehan tersebut, Teguh Ratno menambahkan jika pencapaian WTP merupakan sesuatu yang sangat membanggakan sebagai bagian dari mengelola keuangan negara utuk mencapai tujuan bernegara yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur, mencapai tujuan-tujuan pembangunan, serta mensejahterakan dan memeratakan kesejahteraan.

“Menteri Keuangan atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD) Konut, Marthen Minggu menjelaskan jika hasil dari kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut serta membantu dalam pengelolaan pertanggung jawaban keuangan secara transparan, akuntabel dan terukur.

“Ini juga menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, meskipun sudah berturut-turut sebanyak empat kali mendapatkan piagam penghargaan, tetapi dengan perolehan tersebut kita harus terus mempertahankan,”Kata Marthen.

Lanjut Marthen, diantara 17 kabupaten/kota di Sultra, Konut merupakan daerah yang terbaik dalam rangka pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, mulai dari ketepatan waktu serta realisasi. Sehingga Kabupaten Konawe Utara berada di peringkat kedua terbaik setelah Provinsi Sulaweai Tenggara.

“Dengan adanya piagam ini mendorong kami dalam mengelola keuangan dengan lebih baik lagi,” tutupnya.

Adapun enam daerah yang menerima piagam penghargaan dari pemerintah pusat yaitu di Sultra yakni Pemprov sebanyak delapan kali, Kota Kendari sebanyak tujuh kali, Kabupaten Konawe sebanyak enam kali, Konawe Utara sebanyak empat kali, Konawe Kepulauan sebanyak dua kali, dan Kabupaten Bombana sebanyak tujuh kali. (Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here