Utamakan Akses Warga, Pemdes Puumbinisi Timbun JUT Sepanjang 1.950 Meter

0
60

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Mengelola Dana Desa harus penuh kehati-hatian dan betul-betul bermanfaat untuk masyarakat, seperti yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Puumbinisi, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dengan menggunakan anggaran DD tahap II Tahun 2021 yang digelontorkan Pemerintah Pusat, Pemdes Puumbinisi membersihkan jalan usaha tani sepanjang 1.950 M ditambah lagi dengan penggalian parit sepanjang 1.100 M.

Proses pekerjaannya melibatkan warga setempat sebanyak 50 orang yang dibagi per dusun melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Keterlibatan warga ini melalui program yang ada membantu meringankan kebutuhan ekonomi warganya dalam kondisi pandemi saat ini.

“Supaya semua masyarakat bisa terlibat dalam program PKTD setiap harinya kami bagi per dusun saat bekerja, upah kerja yang mereka dapatkan Alhamdulillah bisa membantu meringankan kebutuhan ekonominya, tetama mereka yang lagi menyekolahkan anaknya,” ungkap Kades Puumbinisi Bahnur Lambu saat ditemui di kediamannya, Selasa (28/09/2021).

Dikatakannya, jalan usaha tani yang dibersihkan itu rencananya akan ditimbun setelah pencairan DD tahap ke 3. Hal ini juga terlebih dahulu sudah disepakati oleh masyarakat saat rapat penetapan APBDes.

“Nanti sudah keluar DD tahap ke 3 baru kita kasi selesai penimbunan, tahap 2 ini kita bersihkan dulu sama paritnya digali memang muda-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya.

Bahnur Lambu menambahkan, pembersihan jalan usaha tani dan penggalian tersier itu fokus di dusun III, karena jalan tersebut penghubung menuju tiga desa tetangga yakni, Desa Lalodangge, Wonua Monapa dan Wonua Mandara. Kec.Pondidaha.

“Ini jalan yang biasa dilalui warga saya (Puumbinisi) untuk mengeluarkan hasil perkebunannya dan pertaniannya,” jelasnya.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here