Selesaikan Program Unggulan, Kades Amosilu: Semoga Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

0
858
Ketgam: Kepala Desa Amosilu, Justa, S.Sos

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Amosilu, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam mengelola Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 tahap II telah menyelesaikan program unggulan yang sebelumnya dilaksanakan pada tahap I dan akan di selesaikan pada tahap II.

Program unggulan di Desa Amosilu adalah pemanfaatan lahan masyarakat untuk perkebunan Nilam.

Ketgam: Salah satu lahan warga Amosilu yang telah ditanami bibit Nilam.

Kepala Desa (Kades) Amosilu, Justa, S.Sos mengatakan pemanfaatan lahan masyarakat untuk penanaman bibit Nilam yang dilaksanakan pada tahap pertama kini telah rampung, tinggal menunggu panen yang diperkirakan akan dilaksanakan pada, Desember 2021.

“Pada tahap satu Kami telah menyiapkan 50 ribu bibit Nilam untuk kurang lebih 20 Hektar, dan bibit unggul yang kami siapkan itu bersertifikat, dan pada tahap II ini kami telah menyelesaikan semua penanaman Nilam, dan masyarakat tinggal merawatnya sampai panen nanti,” ungkapnya.

Ketgam: tanaman Nilam di Desa Amosilu.

Mengenai Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), ia mengatakan dirinya melibatkan 45 warga yang dibagi dalam beberapa kelompok.

“Untuk pembukaan lahan kami melibatkan 45 orang pekerja yang terbagi dalam sembilan kelompok. Ke 45 orang tersebut juga merupakan Penerima Manfaat program PKTD yakni perkebunan Nilam,” jelas Justa saat ditemui media ini di kediamannya pada, Minggu (5/9/2021).

Terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT), Justa Menerangkan dari 183 Kepala Keluarga, Pihaknya telah menyalurkan BLT bagi 25 KPM sampai salur sembilan untuk tahap II,” tuturnya.

Ketgam: Penyaluran BLT Tahap II di desa Amosilu.

“Kami menyalurkan BLT kepada 25 KPM yang di prioritaskan Warga yang kurang mampu, Lansia, serta janda ronta,”tandasnya.

Kades Amosilu juga berharap dalam Pemanfaatan lahan masyarakat tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan lapangan pekerjaan, serta nilai tambah untuk perekonomian di lingkup Desa Amosilu.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here