Dinilai Gagal, KPKM Tuntut Kapus Puriala Segera Dicopot

0
1981

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Konsorsium Pemerhati Kesehatan Masyarakat (KPKM) Kecamatan Puriala, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras) di Dinas Kesehatan (Dinkes) dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe pada, Kamis (12/8/2021).

Aksi Unras dilakukan puluhan warga yang menuntut Kepala Puskesmas (Kapus) Puriala karna dinilai tidak tuntas dan gagal dalam melayani masyarakat.

Kordinator Lapangan (Korlap) KPKM, Rabil saat diwawancara media ini usai melakukan orasi mengatakan, sudah ada dua korban akibat tidak adanya pelayanan di puskesmas tersebut.

“Tanggal 31 Juli 2021, tepatnya sekitar pukul 02.00 dinihari, kami datang untuk meminta dilakukannya pertolongan pertama, namun disana tidak ada orang yang bertugas karena untuk ke BLUD RS Konawe itu cukup jauh jaraknya,”tutur Rabil.

Terkait korban lainnya, lanjut Rabil mengungkapkan, beberapa bulan lalu salah satu warga Puriala mengalami kecelakaan pada malam hari, namun pada saat di bawa ke puskesmas terjadi hal yang sama pula.

“Sebelumnya hal serupa pernah terjadi, Jepi yang merupakan warga Puriala mengalami kecelakaan dimalam hari, namun saat dibawa ke Puskesmas, disana tidak ada satu pun perawat,” tandasnya.

Sementara itu, menanggapi permintaan masa aksi, Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin mengatakan akan segera meninjau langsung Puskesman Puriala.

“Saya sudah mengubungi Kadis Kesehatan agar kita bersama-sama meninjau Puskesmas Puriala untuk menyelesaikan permasalahan ini,” jelasnya.

Ia juga mengatakan akan mengawal permasalahan ini sampai selesai.

“Saya akan kawal permasalahan ini sesuai mekanisme yang berlaku,” tutupnya.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here