Tugas Setahun di Afrika Tengah, Personil Polres Konawe Raih Medali Kehormatan dari PBB

0
1820
Ketgam : Bripka Laode Istiqlal saat membagikan masker kepada warga afrika tengah

LINTASSULTRA.COM | BAGUI AFRIKA TENGAH – Bripka Laode Istiqlal, SH merupakan personel Polda Sultra yang bertugas pada satuan Intelkam Polres Konawe, terpilih menjadi Peacekeeper atau penjaga perdamaian dalam pasukan PBB.

Saat ini dirinya telah setahun bertugas pada pasukan Garuda dengan misi Perdamaian Dunia MINUSCA (United Nations Multidimesional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic) di Negara Afrika Tengah yang sedang dilanda konflik berkepanjangan.

Atas bakti dan dedikasinya tersebut, saat ini Ia telah menerima penghargaan tertinggi berupa penghargaan Medali Kehormatan PBB (UN Medals) karena sudah melaksanakan tugas lebih dari setahun pada daerah konflik di Negara Afrika Tengah.

Merupakan prestasi yang sangat membanggakan telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dan Polda Sultra serta Polres Konawe yang telah mengirimkan perwakilanya untuk dapat bergabung dalam pasukan Garuda FPU MINUSCA di Negarka Tengah turut serta dan terlibat langsung dalam pemeliharaan perdamaian dunia untuk mewujudkan Polri yang PRESISI.

Dalam melaksanakan tugas perdamaian, polisi PBB sangat peduli terhadap pencegahan covid – 19 ,dengan cara sosialisasiĀ  menghimbau masyarakat didaerah tugas agar selalu memakai masker dan mencuci tangan.

“Selain tugas pengamanan, kami juga polisi PBB peduli terhadap penanganan dan pencegahan covid – 19,”kata Laode Istiqlal yang dihubungi media lintassultra.com ,rabu (11/8/2021).

Diketahui Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia bertanggung jawab memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Polri yang dikenal dengan moto Rastra Sewakotama atau Abdi Utama bagi Nusa Bangsa mengemban tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia langsung di bawah arahan Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, Polri melalui Divisi Hubungan Internasional Polri juga bertugas dan terlibat langsung terhadap pemeliharaan perdamaian dan kemanusiaan dunia dibawah bendera Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Seperti diketahui, sebelum personil yang bertugas dibawah bendera PBB atau sering disebut dengan PEACEKEEPER telah dilakukan beberapa tahap seleksi secara ketat serta transparan sehingga melahirkan polisi polisi terbaik dan tangguh untuk bergabung sebagai pasukan Garuda. (Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here