Pemkab Konawe Gelar Vaksinasi Masal yang Dipantau Langsung Oleh Presiden RI

0
292

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara melakukan melakukan vaksinasi masal pada, Rabu (30/6/2021).

Vaksinasi di gelar di pelataran kantor Pemkab Konawe, dan target vaksinasi yang dilakukan kali ini yakni 1.000 orang yang dimana vaksinasi 500 orang di vaksin di pelataran Pemkab sedangkan sisanya akan di bagi di empat Puskesmas.

Program vaksinasi masal tersebut telah telah tertuang dalam dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 yang disahkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 28 Mei 2021, menggantikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 dengan sejumlah perubahan menyesuaikan situasi dan kondisi Vaksinasi.

Ketgam: Warga yang sedang di Vaksin

Vaksinasi masal tersebut juga dipantau oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo secara Virtual dari Kota Kendari yang sekaligus meresmikan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Dalam sambutannya, H. Joko Widodo juga menyapa beberapa daerah yang menjalani vaksinasi massal. Selain Kabupaten Konawe yang melakukan vaksinasi ada juga daerah lain seperti Kota Kendari, Bombana dan Konawe Selatan.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Sultra agar lebih waspada karena penyebaran Covid-19 yang sebelumnya angka penyebarannya sempat turun kini melonjak kembali terlebih lagi Indonesia di gegerkan dengan virus Corona delta varian yang nota bene penyebarannya sangat cepat sekali.

Ketgam: Sekda Konawe saat memantau langsung berjalannya Vaksinasi di Kantor Pemda Konawe.

“Saya menghimbau masyarakat Indonesia khususnya Sultra agar selalu waspada. Patuhilah protokol kesehatan,” ucap Joko Widodo.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan vaksin yang dilakukan oleh Pemkab merupakan upaya Pemerintah Pusat melalui Pemkab untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 di masing-masing daerah.

Dirinya juga mengungkapkan jika bukan saja masyarakat sipil yang menjadi sasaran vaksin, tetapi dari kalangan Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri serta hampir seluruh lapisan masyarakat juga merupakan sasaran vaksin.

“Kami berharap setiap masyarakat Konawe agar segera divaksin, karena penyakit ini tidak memilih siapa orang itu, semua tergantung imunitas orang tersebut, maka dengan dilakukannya vaksin ini itu akan menambah imun tubuh,” kata Ferdinand.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Konawe ini menambahkan, bagi warga yang tidak sempat hadir di pelataran kantor daerah untuk melakukan vaksinasi massal ini. Ia mengimbau agar melakukan Vaksinasi di Kecamatan masing-masing.

Ketgam: Sekda Konawe, bersama Forkopimda mendengarkan arahan dan imbauan Presiden RI terkait Vaksinasi.

“Jadi bagi warga yang tidak sempat vaksin hari ini. Bisa langsung ke kantor camat terdekat. Karena, kami juga membuka vaksinasi massal di 26 Puskesmas se Kabupaten Konawe,” pungkas Jenderal ASN Konawe ini.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Vaksin Dinkes Konawe, Wiwin mengatakan, berdasarkan data per 28 Juni 2021, vaksinasi dilakukan dengan tiga sasaran. Sasaran pertama, tenaga kesehatan (Nakes) dengan total 1.839 orang.

Lanjutnya, sasaran kedua, Layanan Publik. Pada layanan publik sudah sekitar 18.133 orang yang telah di vaksinasi, dan sasaran Ketiga lansia yang divaksin berjumlah 852 orang.

“Jadi total keseluruhan ya g melakukan vaksinasi untuk wilayah Kabupaten Konawe 20.824 orang,” bebernya.

Selama 2020, Kasus Covid-19 di kabupaten Konawe berjumlah 486 orang, dengan status sembuh sebanyak 470 orang dan meninggalkan 16 orang. Sementara itu, kasus Covid-19 di 2021 berjumlah 203, dengan status sembuh sebanyak 118 orang, sedangkan status meninggalkan 6 orang dan yang sedang perawatan/pengawasan sebanyak 79 orang. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here