Salurkan BLT, Pemdes Wawolemo juga Laksanakan Program PKTD dan Pencegahan Penanggulangan Covid-19

0
382
Ketgam: Kades Wawolemo, Ady Ilham Rusdin.

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka menyalurkan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021 tahap I, Pemerintah Desa (Pemdes) Wawolemo Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini masih dalam tahap penyaluran.

Kepala Desa (Kades) Wawolemo, Ady Ilham Rusdin menuturkan, penyaluran DD tahap I di Desanya saat ini ia tengah melakukan beberapa program diantaranya Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan penanggulangan Covid-19.

Ketgam: penyerahan BLT secara simbolis di desa Wawolemo.

Untuk penyaluran BLT, Ilham sapaan akrab Kades Wawolemo mengatakan pihaknya telah menyalurkan BLT salur II untuk tahap I dan lebih memprioritaskan Lansia serta petani yang penghasilannya kurang.

“Kami menyalurkan BLT kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan diprioritaskan khusus Lansia dan Petani,” ucapnya

Selain itu, Ilham juga mengungkapkan pihaknya saat ini telah melaksanakan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang merupakan program dari Kementerian Desa yakni dengan membuat drainase.

“Saat ini, Kami dari Pemdes Wawolemo sedang melakukan penggalian Drainase sepanjang 2565 meter dan pekerjaan tersebut melibatkan 30 orang warga desa Wawolemo,” katanya saat diwawancara awak media di kediamannya di Desa Wawolemo pada, Sabtu (12/6/2021).

Ketgam: Pengerjaan Drainase di desa Wawolemo.

Lanjut Ilham, dari 2565 meter yang dikerjakan tersebut terbagi empat titik di dua dusun yakni di dusun I dua titik sepanjang 1383 meter dan dusun tiga sepanjang 1182 meter.

Mengenai program penanggulangan pencacahan Covid-19, Pemdes Wawolemo telah mengadakan tangki empat buah, masker 400 lembar, dispenser satu buah, galon 10 buah, rompi relawan covid-19 15 buah, baju 10 lembar, handzanitizer lima botol, meja dua buah, kursi plastik 15 buah, kebutuhan kelengkapan listrik satu set.

Penyemprotan disinfektan disalah satu rumah warga di Desa Wawolemo.

“Selain pengadaan, kami juga telah merehabilitasi posko Covid-19. Untuk relawan, kami melibatkan 10 orang,” jelasnya.

Kata Ilham, tim Covid-19 juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah warga.

Sedangkan untuk pendataan pemuktahiran data Sustainable Development Goals (SDGs), pemdes Wawolemo melibatkan 10 orang sebagai tim.

“Untuk SDGs kami belum melakukan musyawarah penetapan, namun dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan,” Tutupnya. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here