Pemdes Lalodangge Tuntaskan Penyaluran DD Tahap I Tahun Anggaran 2021

0
627
Kepala Desa Lalodangge, Dedi.

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Lalodangge, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah merampungkan penyaluran Dana Desa (DD) tahap I di tahun Anggaran 2021.

Penyaluran DD yang dilakukan oleh Pemdes Lalodangge berupa, Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 79 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pembangunan Posko Penanggulangan Covid-19, Pengadaan alat dan perlengkapan penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Lalodangge, Dedi mengatakan penyaluran BLT di desanya yang 79 KPM tersebut diprioritaskan kepada warga Lansia, Petani yang penghasilannya kurang, Buruh, penyandang disabilitas, dan Warga yang telah lama sakit.

“Untuk penerimaan BLT, kami memprioritaskan Lansia, Petani, Buruh, warga sakit, dan penyandang disabilitas, BLT yang kami salurkan tersebut untuk tahap I itu sudah salur empat,” tutur Dedi saat diwawancara awak media di kediamannya di Desa Lalodangge pada, Sabtu (12/6/2021).

Ketgam: Penyaluran BLT salur empat di Desa Lalodangge, Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sultra.

Dedi juga mengungkapkan pihaknya juga telah melakukan pembayaran honor Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk satu orang selama empat bulan, insentif guru paud non PNS untuk empat orang selama tiga bulan, Kader Posyandu 10 orang masing-masing tiga bulan, pembayaran insentif relawan Covid-19 untuk 18 orang.

“Kami juga telah membayarkan honor KPM, Insentif guru paud, relawan Covid-19, kader Posyandu, dan tim SDGs,” kata Kades Lalodangge.

Pihak pemdes Lalodangge juga telah melakukan pengadaan penanggulangan pencegahan Covid-19 berupa Pengukur suhu tubuh dua buah, tangki semprot tiga buah, masker kurang lebih 75 dos, handzanitizer tiga botol, disinfektan tiga lusin yang akan dipakai untuk setahun, baju relawan tim covid 18 lembar, pengadaan posko Covid-19, Kursi 12 buah, meja dua buah, dispenser satu buah.

“Selain melakukan pengadaan penanggulangan Covid-19, kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum,” ucapnya.

Ketgam: Pengadaan alat dan perlengkapan pencegahan covid-19 yang disaksikan tim relawan Covid-19 di desa Lalodangge.

Sedangkan untuk pendataan pemuktahiran data Sustainable Development Goals (SDGs), pemdes Lalodangge melibatkan 18 orang sebagai tim.

Untuk pendataan pemuktahiran data SDGs, Pemdes Lalodangge menuturkan pihaknya mengatakan telah melakukan pengadaan dua unit HP untuk penginputan data, pengadaan baju sebanyak 18 lembar, pengadaan lap top satu buah, printer satu buah, serta pembayaran honor tim relawan SDGs 18 orang.

“Untuk SDGs kami belum melakukan musyawarah penetapan, namun dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan,” katanya.

Perlu diketahui, Pemdes Lalodangge telah melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang digelar di salah satu hotel ternama di Kendari selama tiga hari yang dimulai pada 7 Juni dan berakhir pada 9 Juni 2021 yang diikuti oleh seluruh Desa se-Kecamatan Pondidaha. (Red/Inal).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here