Cegah Stunting, Pemdes Tirawuta Bakal Buat 41 Kolam Ikan

0
541
Ketgam: Kades Tirawuta, Nasrudin.

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Tirawuta Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mempunyai cara inovatif untuk mencegah Stunting di wilayah kerjanya dengan cara membuat kolam ikan untuk warganya.

Kepala Desa (Kades)Tirawuta, Nasrudin mengungkapkan, tujuan pembuatan kolam ikan untuk warga adalah untuk mencegah Stunting. Kolam tersebut ada untuk memenuhi salah satu kebutuhan pangan warga, yakni kebutuhan lauk.

Ketgam: pengadaan Kolam semen dengan ukuran lebar 1,5 meter dan panjang 3 meter dan tinggi 1,2 meter.

“Stunting ini adalah penyakit yang muncul akibat kekurangan gizi, maka dari itu sesuai hasil kesepakatan dengan warga pada saat Musyawarah desa (Musdes), kami sepakat pada tahun ini akan membuat 18 kolam semen dan 23 kolam tanah,” ujarnya.

Nasrudin juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan empat kolam dari 18 target kolam yang akan dibuatnya, dan untuk 14 kolam yang belum diselesaikan, Kades Tirawuta menjelaskan jika material untuk kolam yang belum diselesaikan sudah disiapkan sekitar 60%.

“Tahun lalu kami buat 30 kolam. Target kami semua kepala keluarga bisa punya masing-masing kolam di rumahnya,” jelasnya saat diwawancara awak media di kediamannya pada, Sabtu (12/6/2021).

Lanjut Nasrudin, program pembuatan kolam itu sendiri merupakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Proses pengerjaannya melibatkan 16 warga desa. Mereka dapat upah dari pengerjaan kolam tersebut.

Nasrudin menambahkan, selain pembuatan kolam, pihaknya juga telah menyelesaikan program lainnya untuk tahap pertama 2021 ini, antara lain program pencegahan Covid-19, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 10 KPM janda dan petani yang kurang mampu.

Ketgam: Penyerahan BLT kepada salah satu warga Tirawuta.

“Untuk BLT, kami prioritaskan Janda dan petani yang kurang mampu, dan saat ini penyaluran BLT untuk tahap I sudah Salur III,” tuturnya.

Sedangkan untuk program penanggulangan pencegahan Covid-19 di wilayahnya, pemdes Tirawuta telah melakukan pengadaan Pengadaan Posko satu unit, meja dua buah, kursi 15 buah, tangki semprot tiga buah, pengukur suhu tubuh, masker 300, handzanitizer dua buah, disinfektan 20 bungkus, galon pencuci tangan dua buah, baju relawan Covid-19 10 lembar, sabun cair dua botol.

Ketgam: penyemprotan disinfektan disalah satu rumah warga Dasa Tirawuta.

Pihak pemdes juga sebelumnya telah penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah warga.

Terkait pendataan pemuktahiran data Sustainable Development Goals (SDGs), pemdes Tirawuta melibatkan 10 orang sebagai tim.

“Untuk SDGs kami belum melakukan musyawarah penetapan, namun prosesnya sudah sementara berjalan,” Pungkasnya. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here