BNN Kendari dan Rutan Unaaha Gelar Sosialisasi Pencegahan Narkoba

0
519

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka Penguatan, Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Badan Narkotika Nasional Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan sosialisi di Rumah Tahanan Kelas IIB Unaaha,Kabupaten Konawe terkait dengan narkotika pada, Selasa (25/5/2021).

Sosialisasi dilakukan di Masjid Rutan Kelas IIB Unaaha yang bertajuk Rutan Unaaha Bersinar ( bersih dari Narkoba) diikuti oleh Seluruh Warga Binaan kasus narkotika. Kegiatan dihadiri dihadiri Kasat Narkoba Polres Konawe, IPTU Andi Muzakir Musni dan perwakilan Kesbang Konawe Kabarudin,S.Ag dan seluruh petugas Rutan Unaaha.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari Hj. Murniaty M. MPH, Apt memaparkan Indonesia saat ini dalam situasi darurat narkoba.

“Upaya pencegahan Narkoba di Indonesia bukan hanya tanggung jawab BNN serta Polri, namun itu semua termasuk tanggung jawab kita semua, terutama pihak lapas dan Rutan,” kata Murniaty.

Kepala BNN kota Kendari juga menambahkan bahwa Lapas dan Rutan harus bersih dari Narkoba, serta terus mengingatkan kepada seluruh warga binaan bahwa Narkoba sangat berbahaya oleh manusia, narkoba dapat merusak mental manusia, sehingga kita diberikan tanggung jawab untuk memerangi dan memberantas mata rantai Narkotika,” Tegasnya.

“Indonesia memang menjadi sasaran peredaran Narkoba dan pemberantasan narkoba itu tidak mudah. Namun sampai saat ini Alhamndulillah belum ada laporan atau kasus peredaran Narkoba di dalam Rutan Unaaha” Ujar Murniaty dan dibenarkan oleh oleh Kasat Narkoba Polres Konawe.

Kepala Rutan Kelas IIb Unaaha, Herianto dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara aparat penegak hukum demi terjaganya penyebaran Narkoba dalam lingkup Rutan Kelas IIb Unaaha.

“Penggeledahan, sidak rutin, maupun insidentil, serta pemasangan CCTV, pemeriksaan ketat terhadap masuknya setiap pengunjung dan petugas Rutan tanpa terkecuali merupakan salah satu upaya Rutan Kelas IIb Unaaha dalam menanggulangi penyebaran Narkoba di Lingkup Rutan Unaaha,” tandas Herianto. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here