Pemdes Amosilu Sulap Lahan Kosong Masyarakat Jadi Perkebunan Nilam

0
501

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Amosilu, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang merupakan Program prioritas Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Mengenai Program PKTD di Desa Amosilu, Kepala Desa (Kades) Amosilu Justa, S.Sos Memanfaatkan lahan masyarakat untuk membuka perkebunan Nilam.

Ketgam: APBDes Desa Amosilu, Kecamatan Besulutu, Sulawesi Tenggara.

Pemanfaatan lahan masyarakat tersebut menurut Kades Amosilu, dampak dari program tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan lapangan pekerjaan, serta nilai tambah untuk perekonomian di lingkup Desa Amosilu.

“Untuk pembukaan lahan kami melibatkan 45 orang pekerja yang terbagi dalam sembilan kelompok. Ke 45 orang tersebut juga merupakan Penerima Manfaat program PKTD yakni perkebunan Nilam,” jelas Justa saat ditemui awak media pada, Sabtu (22/5/2021).

Mengenai lahan yang akan dibuka untuk tahun ini, Justa memaparkan bahwa dari 45 KPM total perkebunan Nilam yang akan dibuka seluas kurang lebih 20 hektar.

Ketgam: pembukaan lahan masyarakat Amosilu untuk dijadikan perkebunan Nilam.

“Kami telah menyiapkan 50 ribu bibit Nilam untuk kurang lebih 20 Hektar, dan bibit unggul yang kami siapkan itu bersertifikat,” ungkapnya.

“Untuk sementara ini, kami sudah membuka sekitar kurang lebih lima hektar lahan masyarakat dan ini masih sementara berlanjut,” imbuhnya.

Perlu diketahui, anggaran DD 8% yang diperuntukan penaggulangan Covid-19, Pemdes Amosilu telah menyalurkan 100 Paket perlengkapan penanggulangan Covid-19 yang meliputi tempat cuci tangan, ember, handzanitizer, sabun cuci tangan cair, masker, tissue, disinfektan.

“Kami juga mengadakan satu buah alat pengukur suhu tubuh, enam buah tangki,” kata Justa.

Ketgam: penyaluran BLT kepada salah satu warga Desa Amosilu.

Selain itu, lanjut Justa, pihak Pemdes Amosilu telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum, fasilitas pemerintah dan rumah warga.

Terkait Bantuan Langsung Tunai, Justa Menerangkan dari 183 Kepala Keluarga, Pemdes menyalurkan BLT bagi 25 KPM yang terdiri dari Warga yang kurang mampu, Lansia, serta janda ronta.

“Kami menyalurkan BLT kepada 25 KPM yang sebelumnya pada tahun 2020 itu ada 86 penerima manfaat,” tandanya. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here