Sidak di Kecamatan Wanggudu, Wakil Bupati Konut Juga Pantau Kelayakan Pasar

0
452

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan sidak dan peninjauan di pasar-pasar yang merupakan salah satu sentra perekonomian masyarakat di Kecamatan Wanggudu pada, Selasa (18/5/2021).

Mewakili Bupati Konut H. Ruksamin, Wakil Bupati Konut, H. Abu Haera memulai sidak dari sekaligus memantau Pasar Bende serta memantau langsung pembangunan pasar tersebut yang sementara dalam tahap perampungan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Konut juga melanjutkan sidaknya di Pasar Wawoluri, Pasar Sentral Sawa, Pasar Lembo dan Pasar Wawolesea yang juga dalam tahap perampungan.

Dalam sidak tersebut, H. Abu Haera di dampingi oleh Staf Ahli dan Asisten, Anggota DPRD Hendrik Johanis, Kadis Perindag, Kadis DLH, Kepala UMKM, serta Camat dan Lurah/Desa dari wilayah yang dikunjungi.

Setiap sidak yang dilakukan H. Abu Haera, ia secara seksama memantau kondisi fisik, pengelolaan hingga pemanfaatan pasar dan selanjutnya dikoordinasikan dengan Pihak Disperindag serta Dinas Lingkungan Hidup tentang kelayakan dan pemenuhan asas lingkungan yang sehat dan bersih.

“Kita melihat secara langsung proses transaksi jual-beli, kondisi bangunan, kondisi lingkungan, hingga lahan pasar, jika ada bangunan pasar atau los yang rusak ini supaya dimasukkan dalam perencanaan untuk diperbaiki hingga benar-benar layak digunakan, jika lahannya masih kurang kita upayakan segera agar lokasi lahannya di tambah,” Kata Wakil Bupati Konut.

Seperti di pasar Lembo ini, Lanjut H. Abu Haera, ia mengatakan kondisi sudah tidak baik, lapak-lapak nya sudah harus diganti atau di buatkan los baru, kalau perlu menurut dia segera ditimbun karena berada dekat sungai supaya tidak banjir.

“Pasar yang kita miliki ini sarana pendukungnya harus lengkap seperti air bersih dan kamar mandi, serta pengelolaan sampah dan limbahnya harus bagus,” tegas Abu Haera.

Wakil Bupati Konut yang baru saja dilantik tersebut menambahkan, sentra vital bagi perekonomian masyarakat jadi secara bertahap dan harus ditingkatkan sarana dan prasarananya.

“Lahan parkir harus ada agar tidak mengganggu lalu lintas, tempat ibadahnya dan pengelolaan retribusinya harus bagus. Jika ada pasar yang posisinya kurang tepat perlu kita geser atau pindahkan tempatnya,” imbuhnya.

Usai melakukan sidak di beberapa tempat di Kecamatan Wanggudu, Wakil Bupati Konut akan melaksanakan sidak di Kecamatan Wiwirano, Langgikima, Oheo Asera dan Andowia pada 19 Mei 2021. (Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here