Panen Perdana, Demplot Budi Daya Ikan Air Tawar Capai 1,6 Ton

0
552

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Program seribu kolam yang merupakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe kini telah dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Konawe dengan menyalurkan benih ikan air tawar pada tahun 2020.

Benih ikan yang disalurkan serta diikuti dengan pengadaan demplot atau kolam percontohan yang tersebar di enam kecamatan salah satunya di Desa Lalonggombu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Konawe, Gunawan Samad, saat ditemui dikantornya mengatakan panen ikan air tawar jenis Nila Salin yang dilakukan pada Rabu 27 Januari 2021 di Lalonggombu, merupakan program  pengadaan dan penyaluran benih ikan  tahun 2020 yang sumber dananya berasal dari DAK APBN sebesar 500 juta untuk sepuluh paket.

“Seribu kolam yang di canangkan Bupati dan Wakil Bupati Konawe telah terbukti nyata, hal itu dilihat hasil panen ikan nila salin di desa Lalonggombu tersebut sangat memuaskan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Usaha Budidaya dinas perikanan dan kelautan Konawe, Indriana Ripin menambahkan pasca penaburan benih ikan nila salin didesa Lalonggombuno, kecamatan Kapoila sebanyak 15 ribu ton bulan september 2020 telah siap panen.

Kata Indri sapaan akrabnya, sejak tahun 2019 panen ikan air tawar yang dilakukan pembudidaya ikan air tawar dinilai sangat berhasil, dan pasaran ikan dinilai tidak susah, dikarenakan hasil ikan di ambil langsung oleh petani pengepul.

“Pengadaan pada tahun 2020 terdiri 10 paket, namun hanya satu paket yang di panen yaitu di kecamatan Kapoiala, di Desa Lalonggombu. panen yang menghasilkan sekitar 1,6 ton ikan nila itu hasilnya sangat memuaskan karena umur ikan tersebut baru tiga setengah bulan,”jelasnya

Diketahui DAK tahun 2020 kemarin diperuntukan untuk pengadaan 10 Demplot yang tersebar di enam kecamatan diantaranya, kecamatan Amonggedo Lalonggasumeeto, Kapoila, Tongauna, Wawotobi, dan Onembute.

“Dalam waktu dekat ini kami akan lakukan lagi panen ikan air tawar dibeberapa demplot,”tutupnya. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here