Dinsos Kolaka Gelar Dialog Tematik II Guna Cegah Konflik Sosial

0
379

LINTASSULTRA.COM | KOLAKA – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka melalui Forum Keserasian Sosial menggelar dialog Tematik II guna penguatan keserasian sosial dalam rangka pencegahan konflik sosial di Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka, Jumat (11/12/2020).

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kolaka, Saritomo, S.P mengatakan, kegiatan keserasian sosial Tematik II dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemuda dalam rangka membangun desa. “Mari sebagai tokoh pemuda, pemuka agama, tokoh masyarakat, untuk membantu pemerintah dalam hal apa saja, asal tidak bertentangan dengan Undang undang dan tidak bertentangan dengan hukum dan pemuda harus tampil kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, pemuda juga diminta untuk selalu membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya konflik sosial di masyrakat.

“Apalagi diera pandemi Covid-19 saat ini, mari kita sama-sama berjuang melawan Covid-19, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kepala desa Sumber Rejeki, Trimo mengatakan kegiatan keserasian sosial dalam hal pembangunan fisik meliputi rehabilitasi pembangunan masjid Al Hidayah desa Sumber Rejeki dan pembangunan tugu keserasian sosial.

“Yang perlu kami sampaikan bawah pembangunan fisik sudah hampir 100 persen selesai. Kemudian pengerjaan yang dilakukan oleh Forum Keserasian Sosial dari item kegiatan sesuai dengan RAB, bahkan mengembangkan volume pengerjaan tersebut,” ungkapnya.

Melalui kesempatan tersebut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinsos Kolaka, Provinsi hingga Kemensos RI yang telah memberikan kepercayaan pada desa Sumber Rejeki sebagai lokasi sasaran kegiatan Keserasian Sosial. “Dengan adanya kegiatan keserasian sosial di desa kami, pembangunan masjid Al Hidayah bisa terselesaikan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk kegiatan kepemudaan yakni dialog Tematik serta perlombaan bola Volly. “Kegiatan program keserasian sosial ini untuk mencegah terjadinya konflik,” terangnya.

Ketua Forum Keserasian SosialĀ  Al Hidayah desa Sumber Rejeki, Dede Suria mengatakan, kegiatan Keserasian sosial guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana.

“Meningkatkan dan menumbuhlan jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial masyarakat, sehingga mereka memiliki rasa kepedulian terhadap upaya pencegahan konflik,” ungkapnya.

Selain itu, melembaganya upaya preventif terhadap terjadinya konflik sosial dan upaya penanggulangannya di dalam kehidupan dan penghidupan masyarakat kabupaten Kolaka, khususnya masyarakat desa Sumber Rejeki. (Red/Kir).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here