Persiapan Nataru, KUPP Kolaka Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

0
67

LINTASSULTRA.COM | KOLAKA – Jelang hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas III Kolaka, atau Syahbandar Kolaka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan sejumlah instansi terkait di kantor KUPP Kelas III Kolaka, Rabu (2/12/2020).

Rakor tersebut untuk membahas persiapan kelancaran arus pelayaran di pelabuhan penyeberangan Ferry Kolaka – Bajoe.

Kepala Kantor KUPP Kelas III Kolaka, Hasfar mengatakan Rakor yang melibatkan Kepolisian sebagai pihak keamanan, ASPD selaku penyedia armada kapal dan fasilitas pelabuhan, BPTD yang mengatur jadwal keberangkatan kapal dan pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan, serta Operator, sesuai instruksi Dirjen Hubla Nomor 116 tanggal 16 November tahun 2020.

“Dalam rangka Even Nasional jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tentunya kita harus melakukan persiapan dalam menyambut lonjakan penumpang,” ungkapnya yang ditemui usai Rakor.

Sambung Hasfar, pihaknya telah melakukan Uji Petik terhadap seluruh Kapal Ferry yang beroperasi di pelabuhan penyeberangan Kolaka-Bajoe, terkait Kelaikan Laut sebagai langkah awal persiapan Nataru. “Kami dari Syahbandar dan BPTD telah Meramcek kapal yang melakukan penyeberangan Kolaka-Bajoe, semua hasilnya Laik Laut,” ujarnya.

Dalam Rakor tersebut, ASDP Kolaka membahas persiapan terkait pendirian Posko, Keamanan dan Kesehatan Penumpang. “Kami ASDP telah siap dalam rangka Nataru, segala sesuatunya telah kami persiapkan untuk kenyamanan pemakai jasa,” ungkap Kepala ASDP Kolaka, La Kadaha.

Saat ini lanjut La Kadaha, Kapal Ferry yang beroperasi di pelabuhan Kolaka berjumlah 6 Unit. “Alhamdulillah kemarin telah di Ramcek dan semua siap digunakan,” terangnya.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) BPTD Kolaka, Agust Sutarto mengatakan, apabila terjadi lonjokan penumpang maka pihaknya akan melakukan penambahan jadwal pemberangkatan kapal. “Kami akan melakukan Ekstra Trip jika terjadi lonjakan penumpang. Kalau sampai hari ini kan masih normal jadwalnya, jam 09.00, pukul 12.00 dan pukul 15.00 wita,” ungkapnya.

Ekstra trip nantinya diberlakukan kata dia, agar pelayanan di dalam pelabuhan dapat berjalan maksimal. “Artinya agar penumpang maupun kendaraan yang ada di pelabuhan, bisa diangkut semua,” tandasnya. (Red/Kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here