Pemda Butur Salurkan Bantuan Dana Pembinaan Koperasi dan UMKM Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Butur

0
714

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan dana pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 di Kecamatan Kulisusu.

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan ini adalah salah satu bentuk komitmen Pemerintah secara menyeluruh mulai dari Pusat, Daerah sampai Kecamatan.

“Konflik sosial harus kita jaga, baik fertikal ataupun horizontal dan selamat menerima, tetap bersyukur,” ucap Abu Hasan, pada Selasa 15/09/2020.

Ditempat yang sama Kepala dinas Koperasi Butur, Baebudi mengatakan penyaluran bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bentuk upaya Pemda dalam melakukan pemulihan ekonomi baik di daerah maupun secara nasional.

“Koperasi harus memberikan kontribusi besar pada sasaran koperasi dan pelaku usaha dengan tujuan merujuk pandapatan dan verifikasi untuk memenuhi kebutuhan koperasi dan pelaku usaha,” Jelasnya.

“Kami ucapkan banyak terimakasi kepada Pemda Butur yang telah memberikan kepercayaan kepada Dinas Koperasi dan UMKM untuk menyalurkan bantuan,” sambungnya.

Untuk di ketahui, Ada tiga jenis bantuan yang akan diperunjukan kepada koperasi dan pelaku UMKM yang pertama bantuan bersumber dari APBN dalam hal ini Menteri Koperasi dan UMKM sebesar Rp 2.400.000 / anggota UMKM dengan usulan untuk Butur sebanyak 4645 pelaku UMKM Sedangkan yang masuk 759 pelaku UMKM. Kedua, bantuan bersumber dari APBD Provinsi besar dana Rp 2.000.000 ini masih dalam proses dan yang Ketiga, bantuan dana yang bersumber dari APBD Butur masing-masing pelaku usaha Rp 500.000 untuk 1000 pelaku usaha di Butur.

Dana pembinaan koperasi masing-masing pelaku usaha sebesar Rp 10.000 000 untuk 10 koperasi. Di Kecamatan Kulisusu empat koperasi, Kecamatan Kambowa satu Koperasi, Bonegunu satu koperasi, Kulisusu Utara satu koperasi dan Kulisusu Barat tiga koperasi.

1000 pelaku yang mendapatkan dana Koperasi dan UMKM di Butur adalah Kecamatan Kulisusu 400 pelaku UMKM, Kecamatan Kulisusu Utara 100 pelaku UMKM, Kulisusu Barar 100 pelaku UMKM, Bonegunu 200 pelaku UMKM, Kambowa 100 pelaku UMKM dan Kecamatan Wakurumba Utara 100 pelaku UMKM.(Red/San).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here