Dekan FISIP USN Kolaka Resmikan Studio Belajar

0
1192

LINTASSULTRA.COM | Kolaka – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Nursamsir, SE.,M.Si meresmikan Studio Belajar di lokasi kampus, Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (31/8/2020).

Peresmian tersebut bersamaan dengan tiga proyek inovasi lain yang juga digagas dosen, yakni Rumah Peradaban, Pojok Akuntansi dan Sanggar Entrepreneural. Turut hadir wakil dekan, ketua-ketua program studi, sejumlah dosen dan mahasiswa.

Pengguntingan pita mengawali peresmian, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kunjungan ke ruang kelas yang dijadikan Studio Belajar. Dekan dan Wakil Dekan FISIP sempat menanyakan peralatan apa saja yang ada di ruang tersebut.

Tak lupa menyampaikan ucapan selamat yang diabadikan di depan kamera.
Dalam sambutannya, Nursamsir mengatakan pihaknya senantiasa mendorong agar dosen terus melahirkan inovasi.

“Saya berharap jangan berhenti berinovasi sampai di sini, sehingga ke depan ada produk baru yang bisa dinikmati mahasiswa,” kata mantan Pembantu Rektor 1 USN Kolaka ini.

Dekan juga menyampaikan silakan memanfaatkan ruang-ruang di sekitar kampus, seperti selasar, atau tempat-tempat yang selama ini hanya menjadi area nongkrong mahasiswa.

Studio Belajar tersebut merupakan karya inovasi Phradiansah, S.Sos.,M.M untuk membantu mengembangkan model pembelajaran saat ini. Disini, dosen akan merekam video pembelajaran, dengan menggambungkan audio dan video dengan animasi dan teks. Video pembelajaran tersebut selanjutnya akan diteruskan kepada mahasiswa. Model ini sangat cocok diterapkan dalam kondisi saat ini, di mana aktivitas perkuliahan berlangsung secara online.

“Studio Belajar sengaja hadir untuk membantu dosen dan mahasiswa agar tetap melaksanakan aktivitas perkuliahan di masa pandemi ini,” kata dosen program studi manajemen ini.

Dikatakan, fasilitas ini bukan hanya diperuntukkan bagi dosen manajemen, namun juga kiranya dapat dimanfaatkan oleh dosen-dosen dari program studi administrasi publik, akuntansi, dan ekonomi pembangunan di lingkungan FISIP, bahkan lintas fakultas di USN Kolaka.

Studio Belajar yang berlokasi di salah satu ruang kelas gedung FISIP ini merupakan kolaborasi bersama dengan mahasiswa. Sebelumnya, melalui mata kuliah Kreativitas dan Inovasi, Phradiansah mendorong para mahasiswa untuk merakit peralatan dari studio belajar. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok.

Masing-masing kelompok menciptakan satu peralatan penunjang studio.
Yang menarik, peralatan tersebut berasal dari bahan-bahan di sekitar kita, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan fasilitas tersebut sangat terjangkau. Bahkan bisa jadi zero budget.

Ambil contoh, peralatan untuk pencahayaan terdiri dari komponen lampu dan tiang lampu. Bola lampu terlindungi dengan kardus yang dibuat berbentuk trapezium seukuran 30 cm. Sisi-sinya kemudian dikuatkan dengan perekat isolasi jilid.

Kardus di sekitar bola lampu ditempeli kertas metalik. Sorot lampu kemudian difilter dengan kain berwarna putih atau kertas putih yang dibuat pepat mengawal dus. Adapun tiang lampu berasal dari pipa air berukuran ½ inchi atau ¾ inchi. Setelah dihubungkan dengan sambungan pipa jenis L atau T, tiang setinggi 1,5 meter-2 meter itu dicat dengan warna hitam.

Peralatan lain, layaknya studio adalah layar dari kain berwarna hijau untuk green screen, papan on air, dan papan clapper board take action. Phradiansah mengapresiasi minat mahasiswanya dalam mewujudkan Studio Belajar tersebut. Hal tersebut menunjukkan antusiasme mahasiswa untuk mencari tahu sekaligus menciptakan karya-karya inovatif dan kreatif.

”Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Sembilanbelas November Kolaka juga tak ketinggalan dengan dinamika kampus besar yang ada di Indonesia,” kata lelaki penggemar motor balap ini.

Dia menambahkan, semenjak didirikan awal Agustus lalu, beberapa dosen juga telah menggunakan Studio Belajar sebagai sarana pembelajarannya, di antaranya dosen dari program studi administrasi publik.

Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pihak yang telah memberikan dukungannya pada aktualisasinya tersebut. Masing-masing kepada Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari, S.STP.,MSi, Dekan FISIP Nursamsir,SE.,M.Si dan jajaran pimpinan fakultas; Ketua Program Studi Manajemen, Niar Astaginy,SE, M.Si, serta rekan-rekan dosen FISIP dan lingkup USN Kolaka.

Apresiasi juga ia sampaikan kepada Arafat, S.Pdi.,M.Si selaku mentor dan coach Gafaruddin, SE.,M.Si

“Semoga karya sederhana di sela semester ini melengkapi inovasi-inovasi pembelajaran yang telah ada di kampus tercinta,” tutupnya.(Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here