Mahasiswa Administrasi Publik USN Kolaka Dilatih Menulis Artikel

0
1145
Ketgam : Pemateri, Ismanto saat menjelaskan mengenai artikel ilmiah kepada mahasiswa administrasi publik FISIP USN Kolaka

LINTASSULTRA.COM | KOLAKA – Program Studi Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel untuk mahasiswa. Pelatihan dengan judul Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah Yang Enak Dibaca ini bertujuan untuk membantu mahasiswa menyusun artikel dari tugas akhir untuk selanjutnya dipublikasikan melalui jurnal ilmiah nasional.

“Selain itu untuk membantu program studi memiliki arsip hasil-hasil penelitian mahasiswa yang diekstraksi dari tugas akhir skripsi,” kata Indar Ismail Jamaluddin, S.Sos.,M.A.P, penggagas kegiatan ini. Dosen Administrasi Publik FISIP USN Kolaka ini mengatakan pelatihan berlangsung sehari di lingkungan kampus Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kolaka.

Peserta diikuti mahasiswa administrasi publik semester akhir yang sedang melakukan penelitian, dan berlangsung dengan tetap mengikuti protokol Covid-19. Selain Indar, dosen program studi Manajemen FISIP USN Kolaka, Ismanto, S.Pd.,MM, juga berkenan menjadi pemateri.

Dijelaskan Indar, USN Kolaka telah memberikan perhatian agar publikasi artikel ilmiah di kalangan mahasiswa bisa terwujud. Peraturan Rektor USN Kolaka Nomor 7 Tahun 2018 tentang perubahan Peraturan Rektor USN Kolaka Nomor 1 Tahun 2018 mengenai Pedoman Akademik, disebutkan persyaratan mengikuti Ujian Tugas Akhir dan Yudisium.

Pasal 114 menyatakan adanya kewajiban mahasiswa membuat artikel minimal terdaftar pada jurnal berISSN dan atau jurnal nasional untuk program sarjana atau D4 sebelum mengikuti ujian skripsi dan yudisium.

Ketgam :Peserta dan pemateri berfoto bersama usai pelatihan penulisan artikel ( foto  

Dalam kaitan tersebut, terdapat beberapa kondisi saat ini, terutama di lingkungan Program Studi Administrasi Publik FISIP USN Kolaka. Kondisi tersebut adalah belum optimalnya publikasi artikel dari skripsi mahasiswa, serta belum meratanya kemampuan mahasiswa mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel.
Pelatihan ini merupakan ikhtiar dalam rangka menopang visi program studi, yakni mewujudkan program studi administrasi publik yang unggul dengan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, maju dan memiliki kompetensi di bidang administrasi publik.

“Kegiatan ini dapat terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Rektor USN Kolaka, bapak Dr. Azhari, S.STP.,M.Si; Dekan FISIP bapak Nursamsir, SE.,M.Si; Wakil Dekan 1 FISIP bapak Dr. Abdul Sabaruddin.,M.Si serta Ketua Program Studi Administrasi Publik, bapak Yudi Agusman,S.Sos.,M.A.P. Terimakasih sebesar-besarnya atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan,” kata Indar.

Ucapan yang sama untuk rekan-rekan sejawat serta para mahasiswa.
Sementara itu, Ismanto mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, inisiasi yang dilakukan oleh dosen administrasi publik untuk mendorong peningkatan kualitas akademik patut mendapat apresiasi dan dukungan.

“Dan kami adalah bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USN Kolaka,” kata dosen program studi manajemen ini.

Adapun materi pokok yang diberikan adalah penjelasan seputar artikel ilmiah, serta teknis mengubah skripsi menjadi artikel. Berikutnya penjabaran mengenai syarat dan format penulisan artikel untuk mahasiswa dan proses publikasi artikel pada jurnal ilmiah. Ismanto sendiri, bersama rekannya di program studi manajemen, baru-baru ini menerbitkan buku metodologi penelitian kuantitatif. Ia juga peneliti pada Konawe Institute.

PRODI ADMINISTRASI PUBLIK
Program studi administrasi publik mengawali FISIP yang resmi berdiri di USN Kolaka pada 2009. Menyusul setelah itu tiga program studi lainnya, yakni akuntansi dan manajemen (sejak 2017), serta ekonomi pembangunan (sejak 2018).

Sampai tahun 2020, Program studi administrasi publik memiliki 23 dosen tetap dan merupakan salah satu program studi unggulan yang selalu menarik minat mahasiswa baru. Data terakhir menyebutkan lebih dari 60 persen keseluruhan mahasiswa FISIP USN Kolaka adalah mahasiswa administrasi publik.

Asal mahasiswa juga bervariasi, dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, bahkan dari luar daerah ini. Program Studi Administrasi Publik FISIP USN Kolaka memelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya pengelolaan suatu organisasi publik/umum dalam konteks kehidupan bernegara.

Lulusan bisa diserap menjadi pekerja praktis seperti aparat pemerintah, staf atau anggota legislatif, anggota partai politik, peneliti, pegiat organisasi non pemerintah, jurnalis pemerintahan/politik, konsultan pemerintahan, atau tenaga pendidik dan dosen.(Red/***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here