Kunjungi Konut, Komisioner KPU Minta Adat Istiadat Menjadi Acuan Pelaksanaan Pilkada

0
389

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Anggota Komisi Pilihan Umum (KPU) Pusat, I Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi meminta agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 mendatang harus memperhatikan kultur dan budaya masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan Kadek Wiarsa Raka saat mengunjungi sekretariat KPUD Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kadek Wiarsa menjelaskan, hampir semua wilayah kabupaten kota di Sultra yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu memiliki kondisi masyarakat yang cukup beragam, sehingga pendekatan adat istiadat daerah setempat harus diperhatikan guna menjaga kondusifitas dan juga kesusksesan Pilkada.

“Semoga situasi ini dapat terjaga dan seluruh tahapan berjalan dengan lancar sesuai harapan. Ruang publik demokrasi kita rancang dengan sebaik-baiknya. Tingkat partisipasi harus kita jaga untuk melegitimasi proses pemilihan kepala daerah yang akan dipilih,” Kata Dewa Kadek Wiarsa dalam sembutannya, Minggu (16/8/2020).

Ditempat yang sama, Ketua KPU Konut, Syawal Sumarata mengatakan, semakin matang demokrasi akan mampu mengantar serta merangsang partisipasi pemilih kepala daerah di Konut menjadi meningkat.

“Pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Konut sudah dipersiapkan secara matang dengan memulainya tahapan pemilihan kepala daerah secara serentak, terkhusus Konut sudah kami siapkan,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir memberikan apresiasi kepada KPU Konut atas apa yang dilaksanakan saat ini. Semoga semangat kolektif menghadapi pilkada serentak tetap terjaga, dan spirit buat anggota jajaran KPU Kabupaten/Kota di Sultra yang mengikuti pilkada.

Usai memberikan himbauan kepada jajaran KPU Konawe Utara dan Sulawesi Tenggara, I Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi juga meresmikan panggung demokrasi aula oheo dan taman demokrasi, sebagai wujud meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 9 Desember mendatang.

Dalam kunjungan Anggota KPU RI, I Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi, ke konawe utara, turut hadir Ketua dan jajaran anggota sekretariat KPU kabupaten/kota dan provinsi Sulawesi tenggara yang saat ini mengikuti penyelenggaraan pilkada serentak.(Red/Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here