Polres Konut Gelar Operasi Patuh Anoa

0
540

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Operasi Patuh Anoa 2020 yang digelar Polisi Resor (Polres) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 23 Juli menemukan banyak pelanggaran lalulintas. Kesalahan terjadi umumnya adalah pengendara yang tidak menggunakan helm serta tidak membawa surat-surat kendaraan.

Kepala satuan lalulintas (Kasatlantas) Polres Konut AKP Kunto Sri Haryono mengatakan, para pengemudi yang melanggar aturan langsung ditindak dengan cara penilangan tanpa toleransi dan peringatan lagi.

“Ada 27 pelanggar kami temukan. Sekarang tidak ada lagi peringatan. Pelanggar langsung kami tindaki sesuai aturan yang berlaku. Sosialisasi berlalulintas yang baik sebelumnya telah kita lakukan,”tegasnya saat dikomfirmasi, Senin (28/7/2020).

Perwira pangkat tiga balak ini menyampaikan, operasi patuh anoa itu juga berlangsung diseluruh wilayah Bumi Oheo tanpa menentukan titik lokasinya. Kata dia, jika dalam berpatroli ditemukan ada yang melanggar aturan maka ditempat itu juga ditindak.

“Sasaran kegiatan ini adalah pengendara motor yang tidak gunakan helm SNI, pengendara dibawah umur, melawan arus, menggunakan kenalpot bogar, pajak kendaraan, surat-surat dan semua pelanggaran lainnya,”ujarnya.

Diungkapkan, aksi tersebut berlangsung secara nasional mulai 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 dengan tujuan untuk menertibkan pengendara dalam berlalulintas. Kemudian mencegah perkembangan pandemi Covid-19 atau virus corona. Tim yang dilibatkan yaitu, Satuan Lalulinntas, Intel, Reskrim dan Narkoba.

Terkait hal itu, pihaknya menghimbau seluruh masyarakat Konut khususnya pengendara roda dua dan empat agar melengkapi surat-surat dan alat kendarannya dalam bepergian. Mengenakan helm dan mematuhi aturan berlalulintas.

“Pada intinya kegiatan yang dilaksanakan Polres Konut ini adalah untuk meningkatkan kedispilinan, kesadaran, pemahaman dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas serta penanganan Covid-19,”tutupnya. (Red/Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here