Wujudkan Pemilu Berdaulat, PPK Kecamatan Kambowa Gelar Bimtek

0
121

LINTASSUlTRA.COM | BUTUR – Berdasarkan hasil Bimtek Panitia Penyenggara Kecamatan (PPK) se – Kabupaten yang dihadiri oleh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) propinsi Sultra dua hari lalu, maka PPK Kecamatan Kambowa mengundang semua anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di Kecamatan Kambowa untuk melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada semua anggota PPS. Tujuan Bimtek adalah dalam rangka mempermantap kerja-kerja PPD di lapangan.

Pelaksanaan Bimtek ditempatkan di Desa Morindino, Selasa (14/7/2020). Dalam sambutannya ketua PPK Kecamatan Kambowa Amrin, S.Pd. M.Si meminta kepada seluruh anggota PPS agar bekerja sama dalam menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang karena penyelenggara di tingkat desa adalah perpanjangan tangan KPU Buton Utara (Butur).

“Suksesnya penyenggaraan Pilkada bagi KPU Kabupaten Buton Utara itu tergantung dari kita semua. Oleh sebab itu kita harus kerja sama yang baik. Jika ada kendala di lapangan diharapkan untuk menyampaikan agar bisa kita selesaikan bersama,”ujar Amrin.

Materi bimtek disampaikan oleh anggota PPK, Eko Jahir, SKM dan Aswan SPd. Dalam kesempatan itu, pemateri lebih menitik beratkan pada pendampingan PPS dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di lapangan ketika melakukan pencoklitan, pencocokan data dan pemuktahiran data. Semua kegiatan yang dilaksanakan harus terdokumentasi.

Tidak hanya itu, anggota PPS dan PPDP harus mematuhi protokoler kesehatan utamanya petugas PPDP karena diperhadapkan langsung dengan warga ketika melakukan pendataan dari rumah ke rumah. Untuk keamaman wajib menggunakan pelindung diri seperti masker dan kaos tangan.

Anjuran tersebut merupakan instruksi langsung dari KPU RI karena pemilihan umum tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana negara Indonesia bahkan dunia sedang dilanda wabah Covid-19 atau pandemi virus corona.

“Untuk mendapatkan hasil yang baik, dibutuhkan kerja sama yang baik pula antara PPK, PPS dan PPDP demi mewujudkan Pemilu yang berdaulat,”tutup Amrin yang dikenal vokal dan berani mengambil keputusan.(Red/Lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here