Intensitas Hujan Tinggi, Konut Kembali Dilanda Banjir

0
455

LINTASSULTRA.COM | Konut – Beberapa wilayah di Kabupaten Konawe Utara, (Konut) Sultra, Kembali dilanda banjir. Hal tersebut diakibatkan meluapnya beberapa aliran sungai karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah tersebut dalam beberapa hari.

Kepala BNPB Konut, melalui Kepala bidang kedaruratan, Jasmidin menyebutkan kalau air sudah mulai naik kembali antara 50 cm  sampai satu meter saat ditemui pada, Selasa (7/7/2020).

“Pantauan kami dilapangan menunjukkan, kondisi banjir mulai naik sehingga kami tetap memantau di seluruh titik banjir,” kata Jasmidi.

Ia menyebutkan, di Kecamatan Andowia tepatnya di Desa Labungga, Desa Laronanga, ketinggian airnya mencapai sekitar 30 centi meter (cm), sedangkan Desa Wanggudu Raya mulai naik debit air hingga mencapai 20 sampai 40 cm.

“Atas kejadian tersebut kami mengimbau warga agar tetap bertahan di tempat pengungsian yang disediakan oleh Pemkab Konawe Utara. Memang sekarang ini cuacanya cukup terang, tetapi kami khawatir jika hujan turun,” katanya mengingatkan.

Ketika ditanya soal jalur transportasi yang masih tergenang banjir, dia mengatakan, ada dua akses jalan hampir tidak bisa dilalui kecuali mobil truck dan doble kabin.
yaitu di Desa Linomoiyo Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe utara.

“Di desa tersebut hampir tidak bisa dilewati kecuali truck, kalau hujan masih turun saya pastikan harus menggunakan rakit karena airnya meluap” katanya menegaskan.

Hingga saat ini tim penanganan darurat bencana banjir konawe utara masih melakukan penyaluran bantuan banjir di Kecamatan Langgikima dan Landawe. Bantuan ini berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako).

“Saya harap warga yang berada di bantaran sungai jangan dulu kembali kerumah.menetqplqh dulu di hunian sementara(Huntara),”tutup Jasmidi. (Red/Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here