Bupati Konut Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi 10 Remaja Yang Terjebak Dipermandian Air Terjun

0
581

LINTASSULTRA.COM | Konut – Sepuluh remaja dikabarkan hilang dalamĀ kegiatan ekspedisi untuk mengekspos wisata alam Wawondiku, desa Awila Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut) berhasil dievakuasi, SeninĀ (06/07/2020).

Sebelumnya mereka tergabung lima belas pemuda berangkat menuju permandian wawondiku, Sabtu (05/07/2020), tetapi dalam perjalanan lima diantaranya tidak sanggup lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun wawondiku, sehingga memutuskan untuk kembali hari itu juga.

Sedangkan sepuluh pemuda lainya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun wawondiku.

Kesepuluh pemuda yang tergabung ekspedisi untuk mengekspos wisata alam diantaranya Wartawan Zona Sultra dan Inikatasultra, salah satu korban evakuasi, Lukman 26 tahun menjelaskan mereka berangkat pukul 9:00 Wita dari tanggal 4 Juli dari desa Awila menuju air terjun wawondiku dalam jarak tempuh jam jam, tepat pada pukul 15:00 Wita tiba di permandian air terjun wawondiku dan langsung mendirikan tenda.

“Dalam perjalanan kami tidak ada hambatan sama sekali tetapi tiba di lokasi kami mendirikan tenda untuk berkemah di sekitaran air terjun, kami tiba sekitar pukul 15:00 Wita pada hari Sabtu bersama kedua kelompok, keesokan harinya kelompok pertama berkemas untuk kembali ke perkampungan tetapi kelompok kami masih bertahan untuk menikmati air terjun,” kata Lukman.

“tidak lama kemudian hujan turun yang mengakibatkan debit air naik sehingga kami tidak bisa menyebarang untuk pulang dan sampai hari ini Senin 6 Juli kami bisa selamat karna air sudah surut,”pungkasnya

Lebih dua hari selama bertahan di permandian kedua kelompok pendaki tersebut kehabisan logistik dan hanya bertahan mengonsumsi air putih, tepat pukul 07:20 Wita.

Tim operasi pencarian gabungan, Bupati Konut, Basarnas, Polres Konut, BNPB dan Damkar yang berhasil menyelamatkan 10 pemuda yang melakukan ekspedisi tanpa ada korban jiwa.

Bupati Konut, H.Ruksamin mengungkapkan terimakasih atas keberhasilan mengevakuasi 10 pemuda tersebut, kepada seluruh tim gabungan, Polres Konut, Basarnas Konut, Basarnas Kendari, TNI, Damkar serta masayarakat yang terlibat dalam tim evakuasi.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah berhasil mengevakuasi semua dan saya berterima kasih kepada seluruh tim gabungan dari Polres, BNPB, Basarnas, TNI, Damkar dan juga masyarakat yang sudah turut membantu dalam proses evakuasi ini,”kata Bupati Konut.

Bupati Konawe Utara menghimbau kepada semua masayarakat Konawe Utara dan warga luar Konawe Utara untuk tidak melakukan aktifitas perjalanan menuju permandian air terjun disebabkan terjadinya musim penghujan.

“Saya berharap setelah kejadian ini agar memperhatikan cuaca ketika berwisata mengingat saat ini curah hujan masih mengguyur wilayah Konawe Utara,”tutupnya.(Red/Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here