Bupati Konut Launching Proyek Perubahan Kawasan Anti Kumuh Tanjung Bunga

0
443

LINTASSULTRA.COM | Konut – Bupati Konawe Utara Dr. H. Ruksamin SP, M. Si melauncing Proyek perubahan kawasan anti kumuh (Kawanku) Rabu (1/7/2020). Proyek yang dikelola Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim)
tersebut berlokasi di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Wawolesea.

Dalam sambutannya usai melauncing proyek, Ruksamin mengapresiasi proyek perubahan kawasan anti kumuh itu karena saat ini Konut menghadapi pandemi Covid -19. Artinya meskipun pemerintah daerah di repotkan dengan urusan penanganan virus corona tetapi masih bisa melaksanakan program-program lain yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

“Ini adalah merupakan salah satu konsep dan dorongan yang secara ilimah dapat dibuktikan dengan dilaucingnya program di desa ini” kata Ruksamin.

Bupati berharap agar kedepan menjadi pailot projek atau percontohan terhadap pelaksanaan pembangunan khususnya dibidang perumahan dan kawasan pemukiman di Konut.

Sementara itu Kepala Disperwaskim Konut Azis Muslim dalam sambutannya mengatakan, proyek perubahan Kawanku merupakan suatu tahapan dari mainstone kegiatan proyek perubahan yang sementara ini masih berlangsung proses Pelatihan dan Pengembangan Lembaga Administrasi Negara (P3LAN) di Makassar.

Kata dia, gagasan berfikir tentang hal itu dasarnya karena di Konut masih banyak terdapat kawasan kumuh. Berdasarkan surat keputusan Bupati Konut nomor 397 tahun 2019 bahwa kawasan kumuh di daerah ini masih ada 44 titik yang tersebar di wilayah pesisir.

Kadis menyadari bahwa sebagai leading sektor daripada perumahan dan kawasan pemukiman dinas perumahan tentunya membutuhkan proses dan waktu yang panjang untuk menuntaskannya, sehingga gagasan kolaborasi dengan stakeholder perlu dibangun.

Proses persiapan dilakukan selama sebulan penuh oleh Disperwaskim dan masyarakat Desa Tanjung Bunga. Dari hasil bergiat tersebut sehingga beberapa target dapat diselesaikan sampai launching.

Diantaranya merehabilitasi satu buah MCK yang dibangun tahun 2011 yang sudah tidak terpakai karna air sudah tidak ada sehingga adanya Pamsimas bisa berfungsi kembali. Kemudian membangun mainset masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut,
pemasangan lampu-lampu jalan sebanyak 82 tiang dan sudah menyala,
pembuatan dan pengecetan pagar sebanyak 72 unit rumah serta rehabilitasi
rumah penduduk yang tidak layak huni serta perbaikan drainase atau saluran air.

Camat Wawolesea Bastian mewakili masyarakat menyampaikan rasa terima kasih dan empati serta rasa syukur dengan adanya program Kawanku yang dilaksanakan Pemda Konut melalui Disperwaskim.

“Bila ada kegiatan dari dinas-dinas lain di bawah di Kecamatan Wawolesea akan sangat mendukung dan membantu program itu, “kata Bastian.

Turut hadir dalam kegiatan launching proyek perubahan Kawanku Ketua DPRD Konut, Sekda Konut, Kadis DPMD, Kadis PU, Kepala BKPSDM, serta Forkopimda.(Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here