Bupati Konut Instruksikan Camat Siaga Banjir

0
594

LINTASSULTRA.COM | Konut – Bupati Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) Ruksamin, menginstruksikan camat di daerahnya untuk siap siaga bencana banjir menyusul tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

“Hari ini saya instruksikan melalui camat sampai kepala desa untuk segera menghimbau masyarakat untuk tidak lagi mendiami rumah bagi warga yang berada dibantaran sungai. apa lagi dalam kondisi disaat sekarang, semua harus sudah pindah ke hunian sementara (Huntara),” imbau Ruksamin usai melihat langsung kondisi banjir.

Diketahui, saat ini curah hujan meningkat lebih satu pekan, beberapa wilayah di kabupaten Konawe Utara terendam banjir, akibatnya jalan penghubung trans Sulawesi sulit dilewati karna meluapnya bantaran sungai.

Bupati Konut, Ruksamin melalui surat peringatan dini dengan Nomor : 365/2065/VI/2020 mengimbau wilayah kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Langgikima, Landawe dan Wiwirano agar siaga darurat banjir.

Berdasarkan Surat keputusan Bupati Konut Nomor : 39 tahun 2020 tanggal 2 Januari tahun 2020, tentang penetapan darurat siaga banjir di Kabupaten Konut, Update peringatan dini cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk wilayah Konut masih berpotensi hujan.

“Enam kecamatan itu berpotensi terjadi banjir, diharapkan perhatian terhadap resiko tinggi keselamatan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai,” jelasnya.

Perlu diketahui, per hari ini Kamis (18/6/2020) air sudah mulai naik dibeberapa titik seperti jalur tambakua, poros trans Sulawesi tepatnya didesa Polora Kecamatan langgikima air sudah naik sampai 60 cm dan desa Landiwo air sudah naik hingga satu meter serta desa puuwanggudu juga 50 cm sampai satu meter. (Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here