RSD Covid-19 Konawe Terima Satu Tambahan Pasien ODP dan Tiga PDP

0
473

LINTASSULTRA.COM | Konawe – Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Kabupaten Konawe kembali memperbaharui data terkini perkembangan kasus Covid-19 di Konawe, Rabu (27/5/2020).

Juru bicara (Jubir) RSD Covid-19 Konawe, dr Dyah Nilasari SP. Rad menyatakan saat ini telah terjadi penambahan satu kasus Orang Dalam Pantauan (ODP) yaitu perempuan 64 tahun warga Kecamatan Wawotobi dengan keluhan tekanan darah tinggi dan gangguan pencernaan. Perempuan tersebut tidak ada riwayat perjalanan namun hasil rapid reaktif.

“Saat ini pasien tersebut telah dilakukan isolasi mandiri dan tetap dipantau oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Puskesmas Wawotobi untuk rencana pemeriksaan swab. Total kasus ODP dikonawe mencapai 20 kasus” ungkap dr. Dyah.

Untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) juga terdapat penambahan tiga kasus baru yakni, laki-laki 45 tahun warga Wawotobi dengan hasil rapid reaktif dan telah dilakukan swab tenggorok sore ini. Saat ini pasien melakukan isolasi mandiri di rumah dan tetap dipantau oleh Dinkes melalui Puskesmas Wawotobi.

Kemudian PDP baru kedua dan ketiga adalah Perempuan 50 tahun warga Pondidaha dan Laki-laki 82 tahun warga Wawotobi. Kedua pasien tersebut telah dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas Kendari, karna terdapat faktor komorbid serta kondisi ruangan RSD Covid-19 Konawe sudah penuh (Full). Total PDP 11 kasus.

Terkait Orang Tanpa Gejala (OTG) masih 34 kasus lama, konfirmasi positif yang masih dalam perawatan juga masih tiga kasus lama.

dr. Dyah juga menginformasikan mengenai pasien dalam perawatan RSD covid-19 Konawe yaitu 12 pasien positif diantaranya satu orang berasal dari konawe dan 11 lainnya berasal dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), empat orang kasus PDP, dan dua orang ODP.

Terkait jumlah kamar RSD Covid-19 Konawe terbatas yaitu 14 kamar perawatan dan total 18 pasien dalam perawatan, pihak RSD covid-19 konawe mengambil langkah alternatif dengan menggunakan 4 kamar berisi masing-masing 2 pasien konfirmasi positif dari cluster yang sama.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here