Shalat Id di Konut Merujuk Keputusan Menteri Agama. Ruksamin : Warga yang Shalat di Masjid Harus Ikut Protokol Kesehatan

0
1795

LINTASSULTRA.COM | Konut- Ketua tim gugus tugas penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. H. Ruksamin memutuskan pelaksanaan shalat idul fitri tingkat Kabupaten Konut dilaksanakan di rumah masing-masing.

Pernyataan itu disampaikan dalam suatu rapat pada Jum’at (22/5/2020) yang dihadiri Kapolres Konut, Kajari Unaaha, Dandim Kendari,OPD dan camat se-Kabupaten Konut.

Keputusan itu diambil oleh bupati dengan merujuk pada keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.

“Kalau ada warga masyarakat di desa yang melaksanakan shalat id di masjid, maka saya serahkan kepada camat masing- masing tetapi harus membuat surat edaran,”Ucapnya.

Selain itu kata bupati, jika ingin melaksanakan shalat id di desa sendiri harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan berkordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Puskesmas, sehingga bisa disiapkan alat pengukur suhu badan di seluruh masjid yang di gunakan shalat id.

Bupati menegaskan jika alat pengukur suhu badan tidak di siapkan disetiap masjid maka jangan berharap untuk diberikan izin shalat id di masjid.

Syarat selanjutnya adalah setiap masjid menyiapkan gerbang
sterilisasi dan penyemprotan biosel konasara pengganti disinfektan. Serta tempat cuci tangan. Pakai masker, jaga jarak dan jangan ada yang jabatangan menjadi syarat tambahan.

Bupati juga menegaskan kepada tim biosel konasara untuk menyiapkan bahan penyemprotan disetiap masjid yang akan melaksanakan shalat id.

Hal penting lainnya yang disarankan bupati yaitu berkordinasi dengan semua karang taruna dan remaja masjid untuk bertugas didalam pelaksanaan shalat id di masing-masing desa.

Lebi jauh bupati menegaskan bagi warga Konawe Utara yang baru saja pulang dari daerah zona merah dan belum sampai empat belas hari maka di wajibkan untuk melaksanakan shalat id di rumahnya.(Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here