Tim Gugus Tugas Covid – 19 Konut Gelar Simulasi Pemulasaran Jenazah

0
673

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Konawe Utara (Konut) lakukan simulasi Pemulasaran jenazah Terduga korban virus Corona di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konut, Kamis (14/05/2020).

Simulasi pemulasaraan jenazah dipimpin langsung Bupati Konawe Utara Ruksamin yang juga ketua Tim Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19. Kegiatan simulasi tersebut dilakukan guna melatih kesiapsiagaan petugas dalam proses pemakaman korban virus corona.

Turut hadir pada simulasi itu, Kapolres Konawe Utara AKBP Achmad Fatul Ulun, kemudian Tim Pemakaman yang Terdiri Dari Anggota TNI, Kepolisian, Dinas Kesehatan, Dan Satpol PP Kabupaten Konut.

“Meski Konawe Utara masi dalam zona hijau, pemda Konut tetap lakukan simulasi untuk kesiapan apabila ada korban Covid 19 dan kemudian meninggal. Saya harap agar Konawe Utara terhindar dari pandemi Covid-19,” papar Ruksamin dalam sambutanya.

Selanjutnya, peragaan penanganan jenazah pasien Covid-19, dimulai dari cara memindahkan pasien dari ruang isolasi menuju kamar jenazah. Kemudian, sejumlah petugas medis dibalut dengan alat pelindung diri (APD) lengkap serta salah seorang diantaranya khusus bertugas memboyong mesin penyemprot disinfektan.

“Jadi setibanya di ruang jenazah, petugas medis lalu membalut jenazah dengan plastik dan dilapisi dengan kain kafan, serta dibalut kembali dengan plastik,” ungkapnya.

Mantan ketua DPRD Konut ini menuturkan, setelah selesai dibungkus dua lapis plastik, kata dia, petugas medis meletakkan Jenazah Covid-19 tersebut di dalam peti serta dipaku rapat. Bahkan peti jenazah dibungkus kembali dengan menggunakan plastik.

“Setelah dilakukan proses mengkafani, para petugas medis langsung menshalati jenazah. Usai shalat, jenazah yang sudah didalam peti, dibawa ke perkuburan untuk dikebumikan,” pungkas mantan Aktivis UMI ini.(Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here