Stok Beras Bulog Unaaha Siap Layani Kebutuhan Masyarakat Pasca Covid-19

0
688

LINTASSULTRA.COM | Konawe – Kepala Kantor Cabang Perum Bulog Unaaha Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Nurhayati Ibrahim, SE. M.Si menyatakan, stok pangan jenis beras yang disediakan Bulog Unaaha cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Konawe sampai enam bulan ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Nurhayati Ibrahim, Rabu (13/5/2020) di Gudang Bulog Cabang Unaaha kepada awak media saat menyaksikan ratusan ton beras yang dimasukan ke dalam gudang.

Dikatakan, stok beras yang tersedia di Bulog saat ini mencapai kurang lebih 600 ton. Jumlah tersebut masih ada kemungkinan bertambah karena Bulog menerima hampir 200 ton beras perminggu.

Menurut Nurhayati, beras persediaan untuk masyarakat Konawe pasca Covid-19 yang diterima Bulog itu berasal dari Kecamatan Abuki, Padangguni, dan Tongauna melalui mitra Perum Bulog. Mitra-mitra itulah yang menyediakan beras lalu dijual ke Bulog. “Sebelumnya ada sepuluh perusahaan yang bermitra dengan Bulog namun untuk sementara ini yang aktif hanya tujuh perusahaan, “ujar Nurhayati.

Untuk penyaluran beras ke daerah lain Bulog Konawe tidak melayani permintaan apalagi pasca pandemi Covid-19. Untuk sementara Waktu masing – masing Bulog diharuskan untuk melayani permintaan di wilayahnya sendiri.

Sejauh ini kata Nurhayati, pasca pandemi Covid-19 yang terjadi, Bulog Konawe telah mengeluarkan stok beras kurang lebih 10 ribu ton kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe untuk disalurkan kepada masyarakat.

Sementara harga pembelian beras di petani masih normal karena selalu mengacu pada Permendagri nomor 24 tahun 2020 tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

“Kalo sementara untuk beras dikirim keluar tidak bisa. Untuk harga pembelian yang dianjurkan pemerintah kepada masyarakat adalah Rp 8.300 per kilo gram. Alhamndulillah belum ada warga yang mengeluh terkait harga yang telah di tetapkan pemerintah”. Tambah kepala Bulog.

Bulog Konawe telah mentargetkan agar dapat menampung beras sebanyak 9000 ton untuk memenuhi persediaan pangan masyarakat Konawe sampai dengan Desember nanti. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here