Peduli Warga Terdampak Virus Corona, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemda Konut Tuntaskan Gelar Pasar Murah di 13 Kecamatan

0
397

LINTASSULTRA.COM | Konut-Berbagai aksi kemanusian dalam mencegah penyebaran wabah virus corona dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) yang tergabung dalam tim gugus tugas penanganan covid-19.

Selain menyalurkan paket sembilan bahan pokok (Sembako) di 159 desa, 13 kecamatan, penyemprotan bio sanitaiser konasara diseluruh fasilitas umum dan rumah warga, pembagian ribuan masker, serta pemberian bio imun konasara untuk perlindungan kesehatan masyarakat, kini tim covid Konut yang dikomandoi Bupati Konut H. Ruksamin kembali menggelar pasar murah untuk masyarakat di wilayah itu.

“Pasar murah yang kami laksanakan melalui Disperindag Konut, sebagai bentuk aksi sosial atas kepedulian pemerintah kepada masyarakat khsusnya di konawe utara yang tengah menghadapi pandemi covid-19. Kita lihat sendiri kondisi sekarang ini sangat berdampak pada ekonomi masyarakat, sementara tingkat kebutuhan untuk bertahan hidup sangat tinggi,”ungkap Ruksamin, Minggu (10/5/2020).

Dijelaskan, sebagai kegiatan perdana pasar murah telah dilaksanakan di Kecamatan Molawe sejak jumat lalu. Selanjutnya, bertahap digelar di 12 kecamatan lainnya.

Mantan Ketua DPRD Konut ini mengatakan, penyelenggaraan pasar murah memilik kriteria, mekanisme aturan antara pembeli dan penjual. Hal itu, dimaksudkan untuk tetap menjaga sterilisasi dari wabah covid-19.

“Kami memakai kupon yang dibagikan kemasyarakat melalui pemerintah desa dan kelurahan. Untuk memperoleh sembako yang diinginkan tinggal menghubungi nomor whats app (wa) tim kami yang sudah disiapkan. Selanjutnya, tim kami antarkan langsung di tempat tujuan. Jadi protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19 tetap kita jalankan,”ujarnya.

Dikatakan, sembako yang ditawarkan kemasyarakat terdiri dari berbagai jenis mulai beras, sirup, minyak goreng, minuman cocacola, sprite, susu dan lainnya. Selain itu tersedia juga sembako yang dikemas dalam bentuk paketan sebagai rangkaian menyambut hari raya idhul fitri.

“Seperti, beras isi 5 kilo gram di pasaran harga normalnya mencapai Rp 80 ribu, kalau di pasar murah di jualkan Rp 40 sampai 50 ribu tergantung jenisnya, begitu juga barang kebutuhan lainnya ditawarkan dengan harga yang murah. Ada juga paketan dijual seharga Rp 70 ribu isinya bermacam-macam,”terangnya.

Sementara itu, Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum mengharapkan agar masyarakat setempat mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah, agar tidak timbul kegaduhan dan tetap terlindungi dari pandemi covid-19. Untuk jaminan keamanan, pihaknya menyiagakan tim pengamanan selama proses pasar murah berjalan di 13 kecamatan.(Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here