Wabup Konawe Salurkan Bantuan Bibit Pertanian di Tiga Kelurahan

0
459

LINTASSULTRA.COM | Konawe – Gusli Topan Sabara ST. MM (GTS) wakil Bupati Konawe menyalurkan bantuan pertanian di sejumlah kelurahan pada, Selasa (5/5/2020).

Penyaluran bibit dan alat pertanian yang disalurkan pada beberapa kelurahan tersebut tersebar di kelurahan Wawonggole, Anggaberi dan kelurahan Tobimeita.

Ketgam : Kadis Ketahanan pangan konawe, Muh Akbar, Sp., M. Si saat memberikan sambutan kepada kelompok tani di Kelurahan Wawonggole

Gusli Topan Sabara di dampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Muhammad Akbar SP. M.Si serta beberapa stafnya dan lurah setempat hadir sebelum acara dimulai.

Sebelum penyerahan bantuan, Kadis Ketahanan Pangan memberi sambutan kepada masyarakat di Kelurahan wawonggole dan selanjutnya bersama – sama dengan wakil bupati melanjutkan kegiatan serupa ke kelurahan lainnya yaitu di Kelurahan Anggaberi dan Tobimeita.

Bibit dan Alat pertanian yang disalurkan berupa Cangkul dua buah, selang air satu rol, jaring satu bal ( 100 meter ) dua buah gembor ( penyiram tanaman ), polybag satu pack (100 lembar) dan alat cetak bibit.

Ketgam : Kelompok tani Kelurahan Wawonggole penerima bantuan bibit dan alat pertanian

Sementara itu, sumber dana dari pengadaan penyaluran bantuan bibit dan alat pertanian tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) yang sebelumnya telah menjadi wacana untuk mewujudkan Pemerintahan Konawe Gemilang.

Harapan Gusli Mewakili Bupati Konawe yakni Kery Saiful Konggoasa kepada masyarakat yang telah menerima bantuan bibit dan alat pertanian agar alat tersebut digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk membantu pemerintah dalam menciptakan kawasan konawe gemilang, masyarakat cerdas, mandiri dan bermartabat.

“Banyak saudara kita yang salah mengartikan, bercocok tanam bukanlah untuk menjual hasilnya melainkan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari kita agar kita tidak kesulitan bahan pangan apalagi pasca pademi Covid-19. Tujuan kami untuk masyarakat agar menjadi masyarakat yang cerdas. Apabila program konawe gemilang yang kami agendakan dapat tercapai dan secara otomatis itu akan melahirkan generasi yang mandiri, cerdas dan bermartabat.” tutur Wakil Bupati Konawe.

Ketgam : Wabup Konawe, Gusli topan Sabara didampingi Kadis ketahanan pangan saat menyerahkan bantuan bibit

Gusli juga memaparkan rencana Pengadaan bibit ikan air tawar dan wadah tempat pemeliharaan ikan yang di perkirakan akan tersalur sekitar juli sampai agustus mendatang.

“Nanti bulan tujuh atau bulan delapan kita akan membagikan lagi bibit ikan beserta wadahnya (Budiktamber) tujuan dari budiktamber ini agar dapat mandiri. Masyarakat tidak perlu lagi kepasar membeli ikan dan sayur kepasar.” tutup Gusli.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bibit dan alat pertanian kepada masing – masing ketua kelompok tani.(Red/Inal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here