Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid – 19 , Paramedis Kekurangan APD

0
540
Ketgam : Juru Bicara (Jubir) Covid -19 Kabupaten Konawe, dr. Nilasari (tengah red)

LINTASSULTRA.COM | Konawe – Tim gugus tugas penanggulangan dan pencegahan wabah virus corona atau covid-19 Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) level tiga dan masker N95 bagi tim medis yang bertugas merawat pasien positif di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid Konawe.

Juru bicara gugus covid-19 Konawe, dr Diah Nila Sari menjelaskan, stok APD dan masker untuk tim medis sudah sangat menipis, sementara jumlah pasien yang yang dirawat di RSD Covid terus bertambah pada setiap harinya, walaupun berdasarkan data baru satu pasien yang terkonfirmasi positif.

Nila merinci, untuk masing-masing satu tim yang terdiri dari perawat dan dokter di Unit Gawat Darurat (UGD) berjumlah delapan orang, dikalikan tiga tim yang bertugas pada setiap harinya. Belum lagi tim medis yang bertugas untuk memeriksa kesehatan pasien positif pada setiap jamnya.

“Masing-masing satu tim itu delapan orang kali tiga tim berarti 24 APD yang akan digunakan setiap hari, ini belum termasuk dokter dan perawat yang melakukan pemeriksaan terhadap pasien positif. Sementara stok kita sudah sangat menipis,” Kata Nila kepada awak media di RSUD Konawe, Minggu (3/5/2020).

Perihal kekurangan ini, ia mengaku telah berkoordinasi dengan ketua tim gugus covid-19 Konawe agar segerah berkomunikasi dengan gugus provinsi. Nila menyebut, pengguna APD dan masker N95 diperuntukkan kepada tenaga medis yang berkontak dengan pasien, mulai petugas UGD serta tim medis yang merawat pasien positif covid-19.

“Yang paling kurang itu masker bedah dan masker N95. APD Kita masih ada stok hanya sudah menipis, apa lagi APD level tiga yang paling dibutuhkan bagi mereka yang merawat pasien positif,” Ujar dokter ahli radiologi BLUD RSUD Konawe ini.

Berdasarkan data tim gugus covid-19 Konawe, saat ini terdapat 12 orang pasing yang di rawat di RSD Covid-19 Konawe, satu diantaranya dinyatakan positif terpapar virus corona yaitu warga Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), sementara yang lainnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Diketahui Rumah Sakit Darurat penangulangan dan pencegahan covid-19 Kabupaten Konawe ditunjuk menjadi salah satu Rumah Sakit rujukan di Sulawesi Tenggara . Saat ini paramedis yang bertugas dirumah sakit tersebut mencapai 100 orang. (Red/Inal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here