Status Sebagai Lumbung Pangan , Konawe Siap Suplai Kebutuhan Beras Kabupaten dan Kota di Sultra

0
376

LINTASSULTRA.COM | Konawe -Janji Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa untuk mensuplai kebutuhan beras kabupaten kota pasca covid-19 di Sultra pada saat video conference (vicon) dengan gubernur Sultra beberapa waktu lalu benar-benar akan dibuktikan.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, usai mengikuti Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Aula Merah Putih Kantor Pemda Konawe, Senin (20/4/2020) secara terbuka menyatakan kesediaanya dan menginginkan Konawe sebagai efisentrum pangan Sulta.

Ketgam : Rapat koordinasi bersama Forkopimda di aula merah putih pemda konawe

Menurut Gusli Topan Sabara, mulai bulan ini (April) hingga bulan Juni 2020 Kabupaten Konawe akan memasuki masa panen raya, sehingga dirinya mengiginkan Konawe sebagai lumbung pangan di Sulawesi Tenggara bisa mensuplay kabupaten- kabupaten, keluarga- keluarga di kabupaten lain yang betul- betul membutuhkan pangan.

“Kita inginkan Konawe sebagai efisentrum pangan di Sulawesi Tenggara bisa mensuplai kebutuhan beras kabupaten kota di Sultra, “Ujarnya.

Terkait dengan distribusi dan pembelian beras oleh Bulog, kata Gusli, pihaknya mengingikan Bulog lebih kompetitif, karena Konawe mulai dari bulan ini sampai bulan Juni 2020 memasuki masa panen raya.

Ketgam : Rapat forkopimda yang dipimpin wakil bupati konawe Gusli topan sabara membahas kesiapan konawe siap menyuplai beras di kabupaten / kota di Sultra

Dikatakan, keinginan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yaitu Gubernur Sultra Alimazi sebagai leader dalam pangan ini bisa mengumpulkan seluruh bupati dan memerintahkan seluruh bupati agar dana cadangan untuk pembelian beras, diberikan kepada divre Sulawesi Tenggara.

Nanti Divre Sulawesi Tenggara membeli melalui Sub Divre Kabupaten Konawe membeli seluruh hasil panen di Kabupaten Konawe

“Sekarang bola ada di tangan bapak gubernur Sultra” Ungkapnya.

Ketgam : Suasana Rapat bersama forkopimda Kabupaten Konawe

Terkait ketersedian beras yang ada di Bulog apakah mampu menyediakan untuk 17 kabupaten/Kota, Gusli menerangkan, sekarang ini, Bulog akan mengisi gudangnnya baik itu gudang yang ada di Divre Kendari maupun Divre yang ada di Konawe ini sekarang harus diisi. tetapi disisi ini petani kita harus untung dalam arti harga tetap stabil,

“Nah, di sini kehadiran pemerintah seluruh kabupaten harus hadir bersama- sama dikoordinir oleh bapak gubernur Sultra. dan ini harus bisa memberi nilai tambah bagi petani kita” Jelasnya.(Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here