Satgas Covid-19 Perbatasan Buton-Butur Periksa Penumpang Mobil

0
424

Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri Kompak Lakukan Pencegahan Virus Corona

LINTASSULTRA.COM | Butur – Satuan Tugas (Satgas) covid -19 Kabupaten Buton Utara (Butur) yang bertugas di pintu gerbang perbatasan Kabupaten Buton dan Buton Utara terus tancap gas dalam upaya pencegahan dan penanganan virus corona.

Sejak difungsikannya pos perhubungan di Desa Mata sebagai posko covid-19 pada Kamis (16/4/2020) seluruh personil Satgas mulai dari pemerintah kecamatan, TNI Polri dan petugas Puskesmas Kambowa melakukan penjagaan di posko.

Ketgam : Tim tugas gugus covid -19 Butur saat melakukan periksaan mobil

Pelaksana tugas Camat Kambowa Derwun, SE yang turun langsung memantau keluar masuknya kendaraan roda dua dan empat yang masuk di wilayah Butur saat ditemui Lintassultra.com, Sabtu (18/4/2020) mengatakan, satu persatu kendaraan yang melintas diturunkan penumpangnya lalu diperiksa suhu tubuhnya dengan termometer infrared oleh petugas kesehatan.

Menurut Derwun, selain pemeriksaan suhu tubuh, penumpang diarahkan pula cuci tangan dengan air yang telah dicampur cairan anti virus corona. Tindakan pencegahan selanjutnya adalah penyemprotan disinfektan terhadap tempat-tempat yang dianggap sebagai penularan virus corona di sekitar posko covid dan dilanjutkan ke rumah warga sekitarnya.

Ketgam : Salah satu Posko tim gugus tugas penangulangan covid – 19 Butur

Hasil pemeriksaan yang dilakukan akan dilaporkan kepada Gugus tugas covid-19 tingkat kabupaten yang dipimpin langsung oleh bupati dalam satu kali 24 jam.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, penumpang dimintai pula identitas dan asal usul serta rute perjalanannya. Warga yang paling diwaspadai adalah perantau yang pulang kampung.

Karena dalam perjalanan mereka melakukan interaksi dengan orang-orang luar yang kemungkinan ada gejala covid-19.

Lebih jauh Derwun menyatakan, untuk memaksimalkan upaya pencegahan terhadap virus corona, pemerintah kecamatan sedang mempersiapkan peralatan dan bahan penyemprotan untuk dilakukan seluruh desa di Kecamatan Kambowa. (Red-Ton).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here