Tim Penanggulangan Covid -19 Konut Resmikan Gerbang Sterilisasi di Tiga Pintu Masuk

0
525

LINTASSULTRA.COM | Konut – Tim gugus percepatan, pencegahan dan penanganan covid – 19 Kabupaten Konawe Utara (Konut) meresmikan gerbang sterilisasi pintu masuk di pertigaan belalo Kecamatan Lasolo. Peresmian dipimpin langsung Bupati Konut, Ruksamin selaku ketua tim Gugus Percepatan Pencegahan dan Penanganan covid – 19 pada jumat, (3/4/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut masing -masing adalah Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konut Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Achmad Fathul Ulum, S. IK, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417 Kendari, Kolonel Inf. Alamsyah ,Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Irwanuddin Tadjudin, SH., MH dan Kepala OPD lingkup Pemkab Konut.

“Gerbang sterilisasi ini direncanakan pembangunannya sejak munculnya virus corona, sampai dengan proses penyelesaian pembangunannya tadi malam dan akhirnya dapat selesaikan. Hari ini kita bersama-sama resmikan pemanfaatannya untuk masyarakat Konut dan dari luar daerah,” kata Ruksamin di lokasi peresmian.

Dijelaskan, gerbang sterilisasi dibangun di tiga titik di kawasan pusat arus transportasi masyarakat antara provinsi dan daerah yakni, di depan Kantor Polsek Sawa yang merupakan jalur lintas Kendari-Konut. Kemudian di simpang 3 Desa Belalo yang menghubungan Konawe-Konut, dan simpang Desa Polora Kecamatan Langgikima yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sultra.

Untuk pengawasannya, lanjut mantan Ketua DPRD Konut ini, berjalan selama masa darurat Virus Corona dan dilakukan langsung oleh tim gugus percepatan pencegahan yang telah dibentuk. Terdiri dari Pemkab Konut dan TNI Polri. Sementara untuk waktunya berjalan selama 24 jam.

Gerbang ini difungsikan untuk menyemprot cairan disinfektan ke semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas diwilayah Konawe Utara. Selain kendaraan, tim covid -19 juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta penyemprotan cairan anti seftik kepada pengguna kendaraan.

“Kami sangat memohon maaf jika perjalanan masyarakat agak terganggung, ini demi kebaikan kita bersama,”terangnya.

Dia menambahkan, gerbang sterilisasi rancang dengan menggunakan mesin dan alat pendukung lainnya, serta dibangun dengan model box/kotak sehingga dapat dilintasi kendaraan roda dua, mini bus dan mobil truk 3/4. Gerbang tersebut, menggunakan saklar yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Di tempat yang sama Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum mengapresiasi pembangunan gerbang sterilisasi oleh Pemda Konut. Dikatakan, pendirian gerbang tersebut merupakan upaya untuk memberikan perlindungan masksimal kepada masyarakat dan memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona di wilayah Konut.

“Ini sangat luar bisa, segala aksi kegiatan untuk pencegahan virus Corona terus dilakukan. Kami berharap ini dapat dijaga, dan pergunakan dangan baik. Dan terpenting memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya di Konut sehingga tidak ada yang terjangkit Virus Corona,”ujarnya.

“Ini sangat baik untuk seluruh masyarakat agar terhindar dari Virus Corona. Bukan hanya orang konawe utara saja, tapi orang dari luar yang masuk juga bisa merasa aman dan nyaman karena sudah dilengkapi alat pencegahan Virus Corona. Kami apresiasi kinerja Pemda Konut mengatasi Virus Corona ini,”ucapnya.( Red/Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here