Kemah Eksekutif Tanggap Bencana Resmi Dibuka, Ini Pesan Bupati Konut

0
721

Lintassultra.com | Konut  – Kemah Eksekutif Tanggap Bencana resmi digelar dipantai taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara,Sulawesi Tenggara pada, jumat (13/3/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut ,Staf ahli bidang kemasyarakatan dan Sumber daya manusia Setda Prov Sultra, Ir. Burhanuddin, M. SI, Kapolres Konut,Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Achmat Fatul Ulum,Ketua DPRD Konut,Ikbar, Para Kepala OPD dan masayarakat se Kabupaten Konawe Utara.

Kemah Eksekutif ini digelar selama tiga hari mulai dari Tanggal 13 hingga 15 Maret 2020. Dengan tema Perkemahan Tanggap Bencana ‘Orientasi Spab, Desatana dan Katana’, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.

Bupati Kabupaten Konawe Utara, Ruksamin dalam sambutannya mengatakan , tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kembangkan kembali semangat kepramukaan kepada seluruh elemen masyarakat,Melalui pemerintah daerah.

Kata Ruksamin, untuk meneruskan pesan-pesan kepramukaan dan tanggap segala hal bencana.kegiatan kemah tanggap bencana kali ini belum pernah ada di Indonesia yang melaksanakan kegiatan ini. Satu – satunya yang melaksanakan baru Kabupaten Konawe Utara.

“Ini baru pertama kali dilakukan di indonesia yaitu di Konawe Utara”Terangnya

Selain itu, masih kata Ruksamin, pelaksanaan kemah eksekutif yang sudah mulai digagas secara nasional diseluruh daerah yang ada di indonesia agar melaksanakan kegiatan tersebut secara berjenjang dari tingkat kabupaten, Provinsi dan secara Nasional.

Ditempat yang sama, mewakili Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Prof. DR. Jana Tjahjana Anggadiredja mengatakan ,BNPB telah menyerukan ke Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, Desa atau Kelurahan Tangguh Bencana (Destana/Katana) adalah desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi sewaktu-waktu ada ancaman bencana.

“ Kalau Semua Desa yang ada di Indonesia dibentuk menjadi desa tangguh bencana, sehingga mempunyai kapasitas yang tangguh untuk menghadapi ancaman bencana, Yang kapanpun bisa terjadi dan melanda tampa kita ketahui.

Dia juga memberi suport kepada Pemda Kabupaten Konawe utara karena baru pertama kali digelar kemah eksekutif tanggap bencana. Kegiatan ini baru kali ini di selenggarakan di indonesia yakni di Konut,hal ini merupakan terobosan yang dilakukan Bupati Konawe Utara, Ruksamin”.terangnya.( Red/DI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here