Buka Hari Jadi Konawe Ke 60 ,Gubernur : Konawe Memberikan Kontribusi Positif Pembangunan

0
580

Lintassultra.com | Konawe -Bertempat dilapangan Sulemandara Kecantan Pondidaha, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi,SH membuka secara resmi Konawe Expo ke 60. Pembukaan Expo ke 60 ini untuk memperingati hari jadi Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara pada, sabtu (29/02/2020).

Orang nomor satu di Sulawesi Tenggara ini hadir didampingi Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, Wakapolda Kombes Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, SH, Komandan Kodim 1417 Kolonel Inf. Alamsyah, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra, Anton Timbang dan komunitas otomotif Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, SH mengatakan, pelaksanaan perayaan hari ulang tahun Kabupaten Konawe merupakan momentum bagi seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat konawe untuk mengevaluasi kembali catatan – catatan perjalanan yang telah dilalui hingga saat ini.

Ketgam : Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, SH saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga

Kata Ali Mazi ,Jika berkaca kebelakang dan melihat upaya pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Daerah dan segenap elemen masyarakat kabupaten konawe, sesungguhnya Kabupaten Konawe telah berkontribusi positif bagi pembangunan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dijelaskannya,letak Kabupaten Konawe yang begitu strategis, telah menjadi urat nadi bagi aktifitas perekonomian masyarakat Sulawesi Tenggara. Letak geografis Kabupaten Konawe tepat berada di tengah daratan Sulawesi Tenggara yang menjadi jalur utama perlintasan Trans Sulawesi, karena Kabupaten konawe di topang dengan kekayaan alam yang demikian kompleks dan ditunjang dengan masyarakat yang memiliki etos kerja yang tinggi.

“Maka dari itu, diharapkan Bupati dan wakil Bupati Konawe untuk terus mengelola dan memelihara aset berharga ini agar memberikan kemaslahatan yang besar bagi masyarakat konawe khususnya dan Provinsi Sulawesi Tenggara pada Umummnya”,terangnya.

Lanjut Gubernur Sultra ini, disisi lain Kabupaten Konawe merupakan basis tumpuan persediaan pangan masyarakat Sulawesi Tenggara. Untuk itu,Ali Mazi meminta agar menjaga lumbung pangan Sulawesi Tenggara agar tetap peroduktif,pastikan agar kebijakan pembangunan yang saudara lakukan adalah dalam rangka mendukung aktifitas pertanian masyarakat kabupaten konawe. Pemerintah Provinsi akan terus memberikan dukungan stimulan pembangunan bagi masyarakat kabupaten konawe sesuai dengan potensinya.

Ketgam : Penyambutan rombongan Gubernur Sulawesi Tenggara

“Saya sangat mendukung perogram pemerintah Kabupaten konawe yang mencanangkan program sejuta ton beras, program sejuta ekor sapi dan program seribu kolam. Perogram ini harus kita kawal bersama agar berjalan sukses dan menjadikan Kabupaten Konawe bukan hanya menjadi sentra pangan Sulawesi Tenggara namun dapat menjadi salah satu sentra peroduksi pangan nasional “.harapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengucapkan,selamat datang kepada Gubernur Sulawesi Tenggara dan rombongan di Bumi konawe. Dalam laporannya dihadapan Gubernur dan unsur Forkopimda bahwa tepat tanggal 3 maret 2020 nanti, kabupaten Konawe genap berusia 60 tahun. Dengan usia itu kedepan nya kabupaten Konawe makin memberikan kontribusi nyata dalam pembengunan di Sulawesi Tenggara.

Dijelaskan mantan Ketua DPRD Konawe ini, berdasarkan data biro pusat statistik, angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten konawe tahun 2019 adalah 9,22%, lebih tinggi di banding rata rata kabupaten lain di Sulawesi Tenggara,

Tingkat pertumbuhan ekonomi di konawe selama dua tahun berturut turut menjadi yang tertinggi diantara Kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara.

Ketgam : Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutan pada pembukaaan Expo Hut Konawe ke 60

“Yakni pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe  mencapai 7,44%  dan pada tahun 2019 naik menjadi 9,20 %. Peningkatan ini tentunya diikuti dengan persentase penurunan angka kemiskinan. Dimana awal kepemimpinan kami, angka kemiskinan dikabupaten konawe berada pada angka 15,65% dan saat ini dapat turun hingga 12,34%. Demikian juga dengan indeks pembangunan manusia terus mengalami peningkatan dimana di awal kepemimpinan kami IPM Konawe rata rata 70,24 hingga kini menjadi 71,29″terangnya.

Dengan pencapaian prestasi ini,masih kata Kery, merupakan rangkaian sistematis yang telah dirancang melalui peroses perencanaan yang matang sehingga memperoleh pencampaian yang menggembirakan.

Ketgam : Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, SH saat memberikan sambutan

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Tenggara H.Ali Mazi,SH, di dampingi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara,ST.MM,menyerahkan sertifikat tanah yang merupakan program nasional serta penyerahan secara simbolis bantuan sapi program pemerintah daerah kabupaten konawe, kepada kelompok masyarakat penerima bantuan.

Usai menyerahkan bantuan,Gubernur Sulawesi Tenggara didampingi pejabat baik dari Forkopimda Sultra dan Konawe melakukan penguntingan pitah pembukaan secara resmi Expo Kabupaten Konawe ke 60. (Red/LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here