RKSP Digelar, Ruksamin : Pemda Konut Siap Menyukseskan Sensus Penduduk 2020

0
74
Make Image responsive

Lintassultra.com | Konut -Badan Pusat Satistik (BPS) Kabupaten Konawe Utara mengelar Rapat Koordinasi Persiapan Sensus , Penduduk (RKSP) tahun 2020 di Aula Pemkab Konawe Utara pada rabu ,(12/02/20).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Bupati Konut, Ketua DPRD, Kapolres, Kepala BPS, Sekda, Asisten III, serta para Kepala OPD lingkup Pemkab.

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara siap mendukung dan menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

“Kegiatan ini menjadi dasar penyusunan kebijakan pemerintah pusat hingga Pemda untuk mewujudkan program Presiden RI yang meliputi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi, ” kata Ruksamin dalam sambutannya.

Dikatakan mantan Ketua DPRD Konawe Utara ini data dan informasi statistik ini sangat dibutuhkan pemerintah sebagai dasar kebijakan yang relevan dengan kondisi sosial ekonomi penduduknya.

Sebagai pimpinan daerah akan mendukung kelancaran sensus penduduk disetiap daerah agar BPS mampu melaksanakan sensus penduduk dengan baik sesuai dengan harapan.

“Semoga dengan sensus penduduk tahun ini kita memiliki pijakan yang kuat dalam merancang masa depan Konawe Utara beberapa tahun yang akan datang, “terangnya.

Sementara itu, Kepala BPS Konut, Maswiah mengatakan SP 2020 ini sangat penting karena berdasarkan UU No 16 tahun 1999 tentang Statistik dan Peraturan Presiden No 51 Tahun 1999 tentang Penyelengggaraan Statistik, karena ini adalah dasar hukum Badan Pusat Statistik, bukan hanya undang- undang saja, tetapi harus sejalan dengan rekomendasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB ) mengenai SP dan perumahan tahun 2020 maka BPS adalah penyelenggara SP 2020.

“Dengan tujuan utama sensus penduduk SP 2020 Yakni menyediakan data jumlah komposisi ,distribusi dan karakteristik  penduduk indonesia menuju satu data kependudukan indonesia, “jelasnya.

Dia menambahkan, Untuk itu pihaknya memohon dukungan dari Bupati Konut, serta menghimbau seluruh OPD/Instansi pemerintah hingga wilayah adminstrasi terkecil dan masyarakat untuk turut serta mendukung pelaksanaan SP 2020.(Red/LS)

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here