Sampai Hari Ini, 3.457 Jiwa Korban Banjir Konawe Masih di Pengungsian

0
520
Ketgam : Tanggul penahan air Konaweeha yang jebol di Kecamatan Wonggeduku Barat

Lintassultra.com [ Unaaha – 3.457 jiwa warga konawe yang terdampak banjir masih berada ditempat pengungsian yang terbagi dibeberapa titik posko pengungsian.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe per tanggal (26/6/2019) pukul 12:00 wita, jumlah korban yang masih berada di posko pengungsian berjumlah 935 Kepala Keluarga (KK) atau 3.457 jiwa.

Sejak 23 hari bencana banjir melanda 25 kecamatan, 147 Desa dan 28 kelurahan akibat luapan sungai Konaweeha, Lahambuti dan Aopa. Selain itu, banjir juga merendam sedikitnya 9.033 hektar sawa milik warga.

Hingga saat ini, air luapan ketiga sungai itu belum juga surut, bahkan ketinggian air disejumlah titik masih berkisar 1,5 meter.

Kepala BPBD Konawe, Ameruddin menjelaskan saat ini masih ada 57 desa dan kelurahan masih terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi, sementara 13 desa lainnya kategori terisolasi, yakni desa yang ada di Kecamatan Latoma.

“Jumlah pengungsih saat ini berdasarkan data terakhir sebanyak 3.457 jiwa. Sampai saat ini Kecamatan Pondidaha, Wonggeduku, dan Kecamatan Bondoala masi kategori terparah,” jelas kepala BPBD Konawe ini.( Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here