Ahmad Safei Lantik Pengurus Gudep Pos SAR Kolaka

0
836

Lintassultra.com,Kolaka – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kolaka, Ahmad Safei, yang juga merupakan Bupati Kolaka, mengukuhkan sekaligus melantik pengurus

Gugus Depan (Gudep) Avignam Jagat Samagram Kolaka, masa bakti 2018-2021 yang bermarkas di kantor Pos SAR Kolaka, Kamis siang ( 18 /10/ 2018).

Ketua Kwarcab Pramuka kabupaten Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, pengukuhan dan pelantikan pengurus Gudep Avignam Jagat Samagram Kolaka,merupakan sebuah kemajuan Kepramukaan di kabupaten Kolaka, dengan bergabungnya Pos SAR Kolaka.

” Sebenarnya ini sudah lama dan merupakan instruksi presiden, terkait pembentukan Gudep disetiap institusi pada satuan masing-masing ,” ungkapnya.

Safei berharap, dengan adanya pembentukan Gudep di Pos SAR Kolaka, bisa diikuti oleh semua instansi.

” Di Kolaka ini, sudah sekitar 200 Gudep yang terbentuk, dan Alhamdulillah semakin bertamah dengan bergabungnya Gudep Pos SAR Kolaka, semoga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan ilmu Sar bisa ditularkan di Pramuka ,” terangnya.

Pembina Gudep Avignam Jagat Samagram Kolaka, Djunaidi mengatakan, pembentukan Gudep di Pos SAR Kolaka, merupakan percontohan di Sulawesi  Tenggara khususnya di Instansi yang dipimpin.

” Sesuai dengan arahan Direktorat Bina Potensi dan Kepala Basarnas, pembentukan Gudep di Sultra, baru ada
di Kolaka. Untuk se Indonesia pun, kita yang kedua setelah Pontianak ,” Kata Kepala Basarnas Kota Kendari ini.

Rencananya, Djunaedi akan memberikan pembelajaran tentang SAR di Gudep Pos SAR Kolaka, terkait antisipasi atau penanganan ketika terjadi bencana.

” Artinya kita beri pembelajaran sejak dini kepada anak sekolah, ketika terjadi bencana, yang belum dipelajari di Pramuka,” ujarnya.

Dia menilai, pembentukan Gudep di Pos SAR Kolaka, menjadi prioritas di Sulawesi Tenggara, karena aktivitas rawan bencana atau kecelakaan sangat tinggi dan membutuhkan banyak relawan.

“Kita harus Include dengan pramuka karena, karena pramuka jumlah personelnya lebih banyak, sehingga yang berkaitan dengan pekerjaan kita melakukan pencarian dan pertolongan bisa terbantu,” terangnya.

Setelah pembentukan Gudep di Pos SAR Kolaka, pihaknya akan membentuk Gudep di Pos SAR Bau-bau, Wakatobi dan Gudep di Unit SAR Soroako.

” Sementara ini, Direktorat Bina Ketenagaan, akan mengurus kelengkapan setelah terbentuknya Gudep di Pos Sar se Sulawesi Tenggara, untuk peningkatan dari Gudep menjadi Saka, sehingga memperluas wilayah kemanusiaan kita di Basarnas,” tandasnya. (Red/Kir).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here