Rayakan Hut ke-50,Antam Target Tingkatkan Produksi dan Penjualan

0
596

Lintassultra.com,Kolaka – PT. Antam, Tbk, merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam, saat ini tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke- 50.

Dalam perayaan Open Ceremony HUT Antam ke-50, yang digelar oleh Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara, di Antam Sport Center, yang berpusat di kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, PT. Antam, Tbk menargetkan peningkatan produksi dan penjualan, dalam pengelola komoditas inti seperti Nikel, Emas dan Bauksit di semua kantor Unit.

Direktur Operasional PT. Antam, Tbk, Hari Widjajanto mengatakan, saat ini, perusahaan plat merah tersebut telah mencapai usia Emas, dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Meski dalam perjalanannya, PT. Antam,Tbk pernah mengalami berbagai tantangan hingga keterpurukan, akibat situasi perekonomian dunia kurang membaik,sehingga berdampak pada anjloknya harga Ekspor hasil produksi yang tidak berpihak kepada PT. Antam. “Namun demikian, PT. Antam, Tbk tetap bertahan, dan mampu eksis hingga saat ini,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Di tahun 2018, PT. Antam Tbk, UBPN Sultra telah mencatatkan kinerja finansial yang positif, berawal pada pencatatan buku laba pada tahun 2017 sebesar Rp.136 Miliar, naik 111 persen jika dibandingkan pada pencatatan buku laba pada tahun 2016, hanya sebesar Rp.65 Miliar. “Pencatatan finansial positif berlanjut pada semester 1 tahun 2018, yang jumlahnya meningkat drastis mencapai Rp.245 miliar,” ujarnya disambut tepuk tangan.

Olehnya itu kata dia, Antam menargetkan peningkatan penjualan untuk semua komoditas di tahun ini, seperti jenis Feronikel ditargetkan terjual 26.000 TNi,atau naik 19 persen dari penjualan tahun 2017 lalu.

“Sementara untuk penjualan komoditas Emas ditargetkan naik sekitar 81 persen, menjadi 24.000 Kg. Bijih nikel penjualannya ditargetkan 9,39 juta WMT atau naik 228 persen. Bijih Bauksit ditargetkan 1,60 Juta WMT meningkat  90 persen dibanding tahun lalu,” terangnya.

Sementara itu, produksi tahun ini, jenis Feronikel ditargetkan meningkat 26.000 TNi, atau naik 19 persen dari penjualan tahun 2017 lalu.

“Sementara untuk komoditas Emas ditargetkan naik sekitar 11 persen, menjadi 2.201 Kg. Target produksi Bijih nikel meningkat 11,25 juta WMT atau naik 101 persen. Bijih Bauksit ditargetkan meningkat 1,6 Juta WMT meningkat  126 persen dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Dalam perayaan HUT ke-50, Antam mendapat kado manis dari pemerintah, berupa penghargaan dengan predikat Utama kategori Safety, karena tidak ada kecelakaan kerja, dan penghargaan dengan predikat Utama kategori lingkungan.(Red/Kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here